Tenaga Pendidik Harus Menguasai dan Mendalami Kurikulum Perubahan

Rabu, 26 April 2017 07:33

Tenaga Pendidik  Harus Menguasai dan Mendalami Kurikulum Perubahan

Mataram,Inmas_Kurukulum 2013 sangat penting dan srategis sehingga merupakan  faktor utama keberhasilan proses pendidikan untuk mengembangkan kreatifitas dan menjabarkan sebagai materi serta perangkat pembelajaran.  Oleh karena itu tenaga kependidikan mampu memahami kurikulum dan mengimplementasikan pada proses pembelajaran dan terus dilakukan perbaikan seiring tuntutan perubahan jaman dari tahun 1975, 1984, 1994 sampai dengan tahun 2006.

Hal tersebut disampaikan PLT Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Jaelani pada saat memberikan sambutan dan sekaligus membuka secara resmi dimulainya kegiatan Bintek Kurikulum 2013 edisi revisi bagi Guru Pendidikan Agama Katolik se – NTB tahun 2017 di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi NTB pada hari Selasa tanggal 25/04/2017 yang dilaksanakan di Hotel Mataram Square dan dihadiri PLT Pembimas Katolik, Pembimas Budha, Pembimas Kristen serta Guru Agama Katolik se – NTB.

Guru harus mampu dalam perubahan jaman dalam berbagai aspek kehidupan dan globalisasi. Pembaharuan kurikulum terus dilakukan dan diarahkan terhadap pemerintah dan Kemendikbud sebagai lembaga yang bertanggung jawab dibidang pendidikan nasional. Kehadiran kurikulum 2013 diharapkan mampu melengkapi kekurangan yang ada pada kurikulum sebelumnya yang disusun dengan mengembangkan dan memperkuat sikap, pengetahuan dan keterampilan ( skill ).  Demikian yang ditekankan oleh H. Jaelani sebagai penanggung jawab PLT di Kantor Wilayah Kemenag Provinsi NTB didepan 30 ( tiga puluh ) orang peserta guru agama Katolik SD, SMP, SMA dan SMK PNS, dan non PNS dari Kabupaten/Kota se – NTB.

Selanjutnya guru diarahkan kepada penguasaan pengetahuan dan keterampilan sikap spiritual dan sosial budi pekerti dengan karakteristik menumbuhkan pengetahuan paserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahklak mulia sesuai agama Katolik dan juga sangat penting diajarkan budi pekerti untuk menghasilkan manusia yang jujur disiplin sesuai dengan tujuan pendidikan nasional melaksanakan tugas dalam arahannya H. Jaelani.

Lebih lanjut dikatakan perubahan kurikulum 2013 bagaimana mengupayakan agar SDM usia produktif dapat ditranformasikan kepada peserta didik menjadi kompetensi dan keterampilan melalui pendidikan, yang berkaitan dengan tantangan masa depan perkembangan pengetahuan dan meningkatkan pengetahuan paserta didik guru wajib menilai aspek sosial dan spiritual kaagamaan, tenaga pendidik dituntut menerapkan “ teori “ 5 M yaitu mengingat, memahami, manerapkan, menganalisis, dan menciipta dan berharap terkait dengan K 2013 perubahan ini tenaga pendidik memahami  mendalami materi proses pembelajaran menghadapi tuntutan masyarakat. Muhamad………

 

 

 

 

333
Share :

INFORMASI LAINNYA