10 Orang Siswa-Siswi MAN 2 Kota Bima Lolos Seleksi SNMPTN Tahun 2017

Sabtu, 06 Mei 2017 16:37

10 Orang Siswa-Siswi MAN 2 Kota Bima Lolos Seleksi  SNMPTN Tahun 2017

Kota Bima, Inmas_Pengumuman SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tahun 2017 telah diumumkan pada, Rabu, 26/04/2017 lalu melalui laman resmi SNMPTN di http://pengumuman.snmptn.ac.id  dan 12 laman lainnya. Sebanyak 10 orang siswa/i Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bima berhasil lolos seleksi jalur SNMPTN tahun 2017, diantaranya adalah sebagai berikut: 

No

Nama

PTN

Jurusan/Prodi

1.

Muhammad Ilham Fajri Maulana

UPN Veteran Yogyakarta

Teknik Pertambangan

2.

Aldi Irfan

UPN Veteran Yogyakarta

Geologi

3.

Zulhulaifah

Universitas Diponegoro Semarang

Kesehatan Masyarakat

4.

Mufrihatun

Universitas Hasanuddin Makassar

Sistem Informasi

5.

Zahida Yulianti

Universitas Mataram

Kedokteran

 

6.

Maya Mardilla

Universitas Mataram

PGSD

 

7.

Inggit Yunistiana

Universitas Negeri Malang

PGLB

 

8.

Asryl Syahrul

Universitas Mataram

Hubungan Internasional

9.

Fitri Jayadiningrah

Universitas Mataram

Teknik Sipil

 

10.

Ika Fatmalla

Universitas Mataram

PGSD

 

 

Calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan prestasi akademik. Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui SNMPTN.

Ketentuan umum SNMPTN adalah:

  1. SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta portofolio akademik.
  2. Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.
  3. Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  4. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  5. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru.

Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri dilakukan melalui: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri. SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan penelusuran prestasi akademik calon Mahasiswa dilakukan oleh masing-masing PTN di bawah koordinasi panitia pusat.

SNMPTN diikuti seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang sudah ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), diselenggarakan dalam suatu sistem yang terpadu dan serentak. Biaya pelaksanaan SNMPTN ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya seleksi. Peserta SNMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan dinyatakan diterima di PTN berpeluang mendapatkan bantuan biaya pendidikan selama masa studi melalui Program Beasiswa Bidikmisi. (Nurrosyidah Yusuf)

 

32
Share :

INFORMASILAINNYA