TIM ASESOR AKREDITASI LAKUKAN VISITASI AKREDITASI DI MAN 2 KOTA BIMA

Rabu, 18 Oktober 2017 10:32

TIM ASESOR AKREDITASI LAKUKAN VISITASI AKREDITASI  DI MAN 2 KOTA BIMA

Kota Bima, Inmas_Senin, 16/10/2017, Tim asesor akreditasi sekolah melakukan visitasi sekolah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bima. Madrasah yang merupakan salah satu sekolah unggulan di Kota Bima ini, untuk saat ini memperoleh peringkat akreditasi A.   

Visitasi adalah kunjungan ke sekolah/madrasah yang dilakukan oleh asesor untuk melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi data serta informasi yang telah disampaikan oleh sekolah/madrasah melalui pengisian instrumen akreditasi. Kegiatan visitasi sekolah dalam rangka pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu sekolah/madrasah. Proses visitasi merupakan rangkaian pelaksanaan akreditasi yang melekat dengan fungsi evaluasi diri. Asesor melakukan visitasi ke sekolah yang akan diakreditasi.

Tim asesor yang melakukan kegiatan visitasi  ke MAN 2 Kota Bima ada 2 orang, yakni Drs. Ruslin, M.Si dan Drs. Abdul Khair. Tim asesor melakukan kegiatan visitasi mulai pukul 07.00 s.d 12.00 wita. Asesor menemui Kepala Madrasah dan warga sekolah untuk menyampaikan tujuan visitasi. Kemudian asesor membandingkan data instrumen evaluasi diri dengan kondisi nyata sekolah melalui pengamatan, observasi kelas, wawancara, dan pencermatan ulang data pendukung serta pendalaman hal-hal khusus yang berkaitan dengan komponen dan aspek akreditasi.

Tim asesor ditemani Kepala MAN 2 Kota Bima, Mansyur, S.Ag, melakukan observasi kelas dengan melakukan penilaian apakah guru sudah menerapkan proses kegiatan belajar mengajar sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah dibuat. Selanjutnya, tim asesor melakukan pengamatan, wawancara, verifikasi dan validasi data ke perpustakaan serta sarana pendukung lainnya.    

Setelah melakukan verifikasi, tim asesor melakukan  pertemuan dengan warga sekolah. Pertemuan untuk mengklarifikasi berbagai temuan penting atau ketidaksesuaian yang sangat signifikan antara fakta dengan data evalusi diri. Hasil visitasi dapat menentukan format perhitungan/skoring untuk mendapatkan peringkat akreditasi. Apakah memperoleh peringkat A+, peringkat A, atau peringkat B, bahkan peringkat C.     

            Ada 8 komponen akreditasi yang dievaluasi, yaitu: Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian. 

Mengakhiri kegiatan visitasi akreditasi, tim asesor memberikan catatan pada setiap komponen, sehingga memiliki pengetahuan awal tentang kondisi dan kinerja sekolah/madrasah yang telah divisitasi. (Nurrosyidah Yusuf).

           

 

156
Share :

INFORMASI LAINNYA

Kakanwil Lepas Kloter 12 Embarkasi LOP
Senin, 29 September 2014 13:16
Dokumen itu Penting !
Jumat, 08 Juni 2012 08:59