Upacara Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI Ke- 72 Lingkup Kantor Kemenag Kota Bima

Rabu, 03 Januari 2018 23:52

Upacara Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI Ke- 72 Lingkup Kantor Kemenag Kota Bima

Kota Bima_Inmas,  Bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius. Hal tersebut tercermin baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam kehidupan bernegara. Dalam pelaksanaan pembangunan nasional semangat keagamaan tersebut menjadi lebih kuat dengan ditetapkannya asas keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa sebagai salah satu asas pembangunan. Hal ini berarti bahwa segala usaha dan kegiatan pembangunan nasional dijiwai, digerakkan dan dikendalikan oleh keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai nilai luhur yang menjadi landasan spiritual, moral dan etik pembangunan. Kementerian Agama merupakan kementerian yang bertugas untuk menyelenggarakan fungsi pemerintahan dalam pembimbingan dan pengelolaan fungsi administratif dari kegiatan keagamaan di Indonesia.

Hari Rabu tanggal 3 Januari 2018 Kementerian Agama Republik Indonesia merayakan hari jadinya yang ke 72 Tahun. Serentak di seluruh Nusantara diadakan upacara untuk memperingati hari jadi Kementerian Agama atau dikenal dengan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI, tidak terkecuali Kementerian Agama Kota Bima ikut pula merayakannya.

Setelah melalui berbagai kegiatan perlombaan dan Kegiatan bakti sosial untuk memeriahkan Hari Amal Bakti yang di mulai dan di tandai dengan upacara pembukaan pada Jum’at, 17 November 2017, maka pada hari Rabu tanggal 03 Januari pada puncak peringatan HAB diadakan Upacara serentak dengan memilih lapangan MAN 2 Kota Bima sebagai tempat pelaksanaannya. Upacara dihadiri oleh segenap pejabat, seluruh pegawai, guru, KUA, Tokoh Masyarakat, Tokoh agama, MUI Kota Bima dan siswa madrasah lingkup Kantor Kemenag Kota Bima. Dan untuk pengibaran bendera merah putih  dilakukan oleh pasukan Paskibraka Kota Bima.

Tema yang diangkat pada peringatan HAB ke- 72 ini yaitu “Tebarkan Kedamaian” Tema ini di pilih karena pada hakikatnya agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian. Kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada umat manusia. Kedamaian akan membawa kebahagiaan. Kedamaian adalah jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan. Kedamaian merupakan pintu maslahat bersama. Dan hanya dengan hati yang damai, sanubari kita bisa merasakan kasih sayang Tuhan yang hakiki.

Kepala Kemenag Kota Bima Drs. H. Munir yang menjadi pembina upacara saat membacakan langsung sambutan Menteri Agama RI, menyampaikan antara lain bahwa pada setiap diri aparatur Kementerian Agama melekat beberapa misi yang saling terkait. Misi itu antara lain mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, memberikan pelayanan  keagamaan sesuai kebutuhan serta menjaga kerukunan hidup antar umat beragama. Lebih lanjut Munir menyampaikan kita semua melayani rakyat dengan menggunakan sarana dan anggaran yang merupakan hak rakyat. Oleh karena itu fokus perhatian kita jangan hanya sekedar menyerap anggaran secara maksimal setiap tahun. Penyerapan anggaran harus diselaraskan dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakat sehingga manfaatnya terasa optimal. Demikian beberapa point penting yang disampaikan langsung oleh Kepala Kemenag Kota Bima dihdapan ribuan peserta Upacara Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke- 72.

Usai pelaksanaan Upacara Bendera memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pembagian Hadiah dan Piala bagi pemenang lomba juara dan peserta terbaik untuk semua rangkaian perlombaan yang berlangsung kurang lebih selama 2 bulan untuk memeriahkan peringatan HAB lingkup Kantor Kemenag Kota Bima. Ichal  


49
Share :

INFORMASI LAINNYA