Kementerian Agama Memberikan Pemahaman Kepada Siswa/Siswi SMA/SMK Se – NTB Tentang Islam Rahmatan Lil Alamin

Senin, 12 Februari 2018 08:45

Kementerian Agama Memberikan Pemahaman Kepada Siswa/Siswi SMA/SMK Se – NTB Tentang Islam Rahmatan Lil Alamin

Mataram _ Inmas, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Nasruddin secara resmi membuka Workshop Penguatan Rahmatan Lil Alamin Kamis 08 Pebruari 2018  di Hotel Pratama Mataram. Acara dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam H. Jalalussyayuthy, seluruh Kepala Seksi Bidang Pakis, Pengawas Kota Mataram H. Muhsin peserta SMA/SMK se – NTB yang seluruhnya  berjumlah 80 ( delapan puluh ) orang.

Dalam arahan atau pembinaan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi NTB H. Nasruddin menyampaikan apresiasinya kepada panitia penyelenggara yang menyelenggarakan kegiatan sangat penting tersebut guna menangkal radikalisme, dan berharap kepada para peserta dalam tiga hari kedepan agar mempergunakan waktunya  sebaik mungkin dengan menerima atau menyimak apa saja yang disampaikan oleh narasumber selanjutnya dipedomani dan disampaikan kepada teman di tempatnya masing-masing

Selanjutnya kegiatan ini sangat penting untuk dicermati dan difahami karena sangat bermanfaat. Saat ini dalam Peraturan Undang-Undang, Peraturan Menteri Agama, juga Instruksi-instruksi disebutkan bahwa dalam dunia pendidikan sangatlah penting adanya kebijakan kebijakan pemerintah agar pendidikan bermutu dan berkualitas sehingga dapat meningkatkan karakter daripada generasi penerus bangsa .

Lebih lanjut dikatakan bahwa pendidikan agama islam sebagai  pendidikan moral bertujuan untuk mewujudkan karakter peserta didik agar memahami dan menghayati nilai-nilai islam serta memiliki komitmen untuk bersikap dan bertindak konsisten terhadap nilai-nilai tersebut dalam kehidupan , dalam dunia pendidikan,  dikeluarga dan di masyarakat kepada bangsa dan negara dan dapat menjadi aktifis rohis dalam artian memiliki kejujuran memiliki kpribadian yang berakhlaqul karimah  dan memiliki prestasi akademik yang baik sehingga menjadi profil manusia muslim yang Kaffah dan dapat tercermin kepribadian yang Rahmatan Lil Alamin. Pengurus atau anggota SMA maupun SMK sangat berguna memiliki sifat-sifat tersebut tadi .Dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas disebutkan bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman kepada Tuhan Sang pencipta, berahklaq mulia, sehat, ilmu yang cakap terampil dan mandiri serta menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemudian memberikan wawasan dan pengetahuan tentang hakikat radikalisme yang mengatasnamakan agama serta merumuskan langkah-langkah strategis untuk mencegah radikalisme kepada pengurus anggota rohis SMA/SMK dan memberikan pencerahan tentang wawasan Rahmatan Lil Alamin, menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan rasa kepedulian sosial terhadap realitas masyarakat, meningkatkan komitmen kepedulian dan kebersamaan dalam membangun bangsa dan negara, karena para peserta sebagai generasi muda penerus bangsa  yang akan meneruskan dan menggantikan orang-orang yang sudah tua dan menjadi pewaris masa depan sehingga ketangguhan mental dan fisik perlu untuk dimanfaatkan dengan ilmu yang bermanfaat sehingga kedepannya akan  berguna bagi diri sendiri, bangsa juga negara.

Sebelumnya laporan ketua Panitia Penyelenggara H. Saipun Nasri menyampaikan bahwa di negara kepulauan kita ini yang terdapat multi etnis, multi agama serta multi bahasa dengan keunikan dan keberagaman ini mengakibatkan banyak terjadinya hal-hal yang negatif seperti narkotika , kejahatan dan banyak perilaku tidak semestinya yang terjadi dikalangan pelajar juga remaja-remaja lainnya yang kesemuanya  tidak diinginkan karena akan menghambat kemajuan bangsa disamping itu adanya faham radikal dimana faham-faham ini mengatas namakan ekonomi juga agama.

Untuk tidak terjadinya hal tersebut diatas maka diadakan kegiatan Workshop Penguatan Islam Rahmatan Lil Alamin ini yang diikuti oleh pelajar dari jenjang SMP dan SMA . Utusan dari berbagai jenjang pendidikan ini yang menjadi pengurus kegiatan ekstra rohis kerohanian islam disekolah masing masing sehingga diharapkan nantinya dapat memberikan pemahaman kepada siswa lainnya tentang Islam Rahmatan Lil Alamin, menanamkan nilai-nilai ke Islaman Rahmatan Lil Alamin, memberikan pengenalan tentang faham-faham yang mengganggu keislaman juga kebangsaan. demikian laporan ketua panitia Saipun Nasri.  Muhamad………

 

 

 

 

 

 

 

90
Share :

INFORMASI LAINNYA