MTsN 2 Mataram Gelar Penilaian Tengah Semester

Selasa, 13 Maret 2018 13:33

MTsN 2 Mataram Gelar Penilaian Tengah Semester

MTsN2Mataram_Inmas  Untuk mengetahui perkembangan dan tingkat pencapaian hasil pembelajaran peserta didik pada satuan pendidikan dilakukan melalui proses penilaian yang salah satunya adalah penilaian tengah semester (PTS) yang sebelumnya disebut ujian tengah semester (UTS) atau mid semester. 

Ulangan Tengah Semester adalah salah satu proses penilaian terhadap peserta didik sejauh mana materi pelajaran dapat diserap oleh siswa yang disampaikan oleh masing – masing guru Mata Pelajaran. Pada dasarnya penilaian peserta didik tidak hanya dilihat dari hasil ulangan semester saja, akan tetapi dilihat dari nilai proses selama satu semester yang meliputi aspek kognitif, afektif, psikomotor dan aspek – aspek lain yang menunjang prestasi siswa.

MTsN 2 Mataram sejak Senin tanggal 12 Maret hingga Jum'at 16 Maret 2018 menggelar Penilaian Tengah Semester Genap Tahun Pelajaran 2017-2018 diikuti oleh seluruh siswa kelas VII dan VIII sementara Kelas IX melaksanakan kegiatan ujian praktek. 

Hari pertama PTS diawali dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Qur'an Hadits dan Seni Budaya, pada hari berikutnya secara berturut-turut mata pelajaran yang diujikan secara tertulis sesuai jadwal yang telah ditetapkan adalah Matematika, IPS, Fiqih, Bahasa Inggris, Aqidah Akhlak, Prakarya, IPA, SKI, Penjaskes, Bahasa Arab dan PKn.

Sebagaimana dijelaskan Kepala MTsN 2 Mataram Drs H. Marzuki, M.Pd bahwa pelaksanaan PTS selama lima hari dari Senin hingga Jum'at, tujuannya adalah untuk mengevaluasi proses belajar mengajar selama tiga bulan sebelumnya, disamping itu pula untuk mengetahui sejauh mana target pencapaian materi bahan ajar serta kemajuan peserta didik. 

Lebih lanjut ia menambahkan UTS atau PTS yang diadakan pada pertengahan semester untuk mengetahui pencapaian KKM dari kompetensi dasar (KD) dalam program semester yang telah disusun oleh masing-masing Guru mata pelajaran. "Dengan adanya kegiatan UTS ini kami berharap bisa memberikan motivasi bagi siswa untuk belajar lebih giat dan mampu mencapai nilai KKM yang ditentukan", ungkap H. Marzuki. (Lan)

93
Share :

INFORMASI LAINNYA

Rapat Kerja RKA-KL Tahun 2017
Senin, 22 Agustus 2016 08:50
MENAG TOLAK PLAYBOY
Senin, 06 Februari 2006 12:00