H. Nasruddin – Koperasi Merupakan Lembaga Keuangan Keluarga

Kamis, 15 Maret 2018 11:31

H. Nasruddin – Koperasi Merupakan Lembaga Keuangan Keluarga

Mataram INMAS,_ RAT atau singkatan dari Rapat Anggota Tahunan merupakan agenda wajib setiap badan usaha koperasi, karena di dalamnya akan dibahas tentang pertanggunjawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada anggota koperasi yang bersangkutan. Semakin banyak anggota yang terlibat maka akan semakin baik dan dapat menghasilkan keputusan sesuai dengan kebutuhan anggota koperasi, tidak ketinggalan Koperasi “Amal Bhakti” Kanwil Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat yang melaksanakan Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2017 hari ini (Rabu, 15-3-2018) di Aula Lantai IV Kanwil Kemenag Provinsi NTB.

 

Rapat Anggota koperasi yang salah satunya bertujuan untuk mengesahkan pertanggungjawaban Pengurus sebaiknya diselenggarakan paling lambat 6 bulan setelah tahun buku, Jika tahun tutup buku Desember maka RAT koperasi dilaksanakan selambat lambatnya bulan Juli.

 

Rapat Anggota Tahunan kali ini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, karena mulai tahun ini (2018, Red.) ketentuan tata cara Rapat Anggota Tahunan Koperasi diatur dalam Peraturan Menteri Koperasi dan UKM RI Nomer : 19/Per/M.KUKM/IX/2015 yang dijelaskan dalam salah satu pasalnya bahwa pimpinan rapat bukan dilaksanakan oleh Pengurus Korasi, namun Pimpinan Rapat dipimpin oleh Pimpinan dan Sekretaris Rapat yang ditunjuk oleh Anggota.

 

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Nasruddin yang sekaligus menjadi Pembina Koperasi “Amal Bhakti” Kanwil Kemenag Provinsi NTB dalam arahannya menyampaikan bahwa koperasi ini adalah sebuah Lembaga keluarga, “Koperasi adalah merupakan sebuah Lembaga keuangan keluarga, jika dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, maka akan dapat mensejahterakan anggotanya atau salah satunya adalah dapat menopang ekonomi keluarga” papar H. Nasruddin.

 

Lebih lanjut H. Nasruddin juga menyampaikan bahwa sesungguhnya Koperasi juga merupakan sebuah usaha yang cukup mumpuni, sehingga Pemerintah juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk berkoperasi, “Mari kita berpikir untuk bagaimana agar koperasi kita ini lebih maju” ajakan yang sekaligus harapan H. Nasruddin kepada seluruh Anggota Koperasi “Amal Bhakti” Kanwil Kemenag Provinsi NTB dalam mengahiri sambutan dan arahannya. (miq olah)

62
Share :

INFORMASI LAINNYA