MAN 2 Kota Bima Satu-satunya Mewakili Kota Bima Ikut Program GenRe BKKBN se NTB

Jumat, 16 Maret 2018 20:19

MAN 2 Kota Bima Satu-satunya Mewakili Kota Bima Ikut Program GenRe BKKBN se NTB

Kota Bima, Inmas_Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi NTB menggelar kegiatan Penguatan Kapasitas Pengelola Program Genre kab/kota se NTB. Kegiatan berlangsung selama 3 hari, yakni: 18-20/03/2018 di Hotel Grand Legi, Jalan Sriwijaya Mataram. Masing-masing kab/kota mengutus 2 orang peserta yang terdiri dari 1 (satu) orang Kepala Seksi Ketahanan Remaja dan 1 (satu) orang Pengelola PIK.R (Pusat Informasi Konseling  Remaja).

              Sangat beruntung, salah seorang guru Bimbingan Konseling (BK) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bima, Haerunnisah, S.Pd mengikuti kegiatan tersebut dan menjadi satu-satunya yang mewakili pengelola PIK.R se Kota Bima. Haerunnisah bersama Syarifuddin, M.PH, pegawai Kantor DPPKB Kota Bima diutus sebagai perwakilan Kota Bima.     

Kegiatan tersebut dilakukan mengingat usia remaja adalah masa pancaroba, masa pencarian jati diri, ditambah lagi dengan arus globalisasi dan informasi yang kian tak terkendali, mengakibatkan perilaku hidup remaja menjadi tak sehat yang selanjutnya berdampak pada 3 resiko Triad GenRe, seperti pernikahan dini, seks pra nikah, dan NAPZA. Kondisi ini apabila dibiarkan terus menerus, maka akan mempengaruhi kualitas bangsa Indonesia 10-20 tahun yang akan datang.

            Yang menjadi narasumber pada kegiatan ini adalah Kepala Perwakilan BKKBN Prov.NTB, Kepala Bidang KS/PK, dan Kasubbid BKR. Adapun materi kegiatan antara lain: Kebijakan Pembangunan Kependudukan di Prov. NTB, Kebijakan Strategi dan Program Pembangunan Keluarga Melalui Pembinaan Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, Mencegah Stunting Melalui Program GenRe, Pengalaman Pengelolaan PIK.R, Strategi dan Implementasi PUP di NTB, Kegiatan Inovatif Bagi Remaja, Kesehatan Reproduksi Remaja, dan Penyusunan RTL.

            Kepala MAN 2 Kota Bima, Drs. Muhammad Amin memberikan keterangan bahwa MAN 2 Kota Bima beruntung karena ditunjuk untuk mewakili Kota Bima mengikuti kegiatan ini. Mengapa MAN 2 Kota Bima ditunjuk karena mengingat berbagai prestasi yang berhasil ditorehkan MAN 2 Kota Bima selama ini. Menurut pihak BKKBN, MAN 2 Kota Bima sangat cocok mengikuti program ini. Apalagi pembinaan siswa di MAN 2 Kota Bima dipandang dapat mengembangkan aktivitas siswa agar lebih berkreasi dan berinovasi. Harapan sebagai pimpinan supaya program pembinaan BK di MAN 2 Kota Bima lebih ditingkatkan lagi agar dapat menjadi contoh bagi sekolah lainnya dalam upaya mencegah kenakalan remaja.

                  Haerunnisah, S.Pd menyatakan, sebagai salah satu guru BK di MAN 2 Kota Bima, tujuan mengikuti kegiatan ini dalam rangka untuk penguatan kapasitas sebagai guru BK sekaligus sebagai pembina PIK.R di MAN 2 Kota Bima. Untuk menanggulangi berbagai permasalahan remaja saat ini, dengan melakukan pendekatan secara emosional agar siswa dapat menjauhi narkoba, seks bebas dan pernikahan dini. Misalnya, dengan cara melakukan konseling individu maupun secara berkelompok. “Awalnya saya memberikan materi agar siswa dapat memahami bahaya narkoba, seks bebas, dan pernikahan dini, dengan cara memberikan nasehat dan bimbingan terkait hal tersebut. Jika usaha yang saya lakukan tak tercapai targetnya, maka hal tersebut menjadi tanggung jawab orang tua siswa sendiri”, pungkasnya.  (Nurrosyidah Yusuf)



336
Share :

INFORMASI LAINNYA