Pertemuan TOGA TOMA Lahirkan Rekomendasi

Selasa, 20 Maret 2018 13:33

Pertemuan TOGA TOMA Lahirkan Rekomendasi

Inmas_MAN 1 Sumbawa,  Pertemuan Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat (Toga Toma) yang berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa yang diprakarsai oleh Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumbawa, Selasa 20/03/2018.

Rapat yang dihari oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa, Ketua Majlis Ulama Indonesia, Forum Komunikasi Umat Beragama, Kasat Binmas Polres Sumbawa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Islam, Kristen,Katolik ,Hindu Budha ,Konghucu yang dipimpin Ketua MUI Kabupaten Sumbawa.

Dalam pengantar yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Drs.H.Sukri M.Si tentang persoalan bangsa, fenomena kriminalisasi terhadap ulama dilakukan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab , terutama yang kita lihat di Televisi adanya Tokoh tokoh dari Islam maupun tokoh agama lainnya juga menjadi sasaran kebrutalan orang orang tidak dikenal.  Alhamdulillah di Sumbawa suasana kondusif, aman terkendali tutur Kepala Kemenag Kabupaten Sumbawa.

Kepala Kemenag Kabupaten Sumbawa menyampaikan terima kasih kepada Majlis Ulama Indonesia kabupaten Sumbawa yang telah menggagas pertemuan tersebut. Hadir pula dalam pertemuan Kapolres Sumbawa yang diwakili oleh Kasat Binmas Polres Sumbawa AKP Muslihin untuk memberikan pencerahan , masukan dan informasi informasi penting serta permasalahan permasalah yang timbul di daerah Sumbawa tentang ketertiban masyarakat.

Dalam pemaparannya Ketua Majlis Ulama Indonesia Kabupaten Sumbawa Drs.H.Nadi Husain menyampaikan " Kalau kita lihat di media media elektronik, media cetak tentang berbagai fenomena yang terjadi menimbulkan kekhawatiran , banyaknya penganiayaan terhadap Tokoh Tokoh Agama  muslim dan non muslim. Hal ini perlu  diwaspadai , Majlis Ulama berharap kepada kita semua untuk selalu waspada, salah satu contoh adalah masalah hoax yang fenomal saat ini. Dalam masalah tersebut hendaknya kita selalu waspada dan tidak terjebak apalagi dengan ikut menyebar luaskan berita berita yang belum tentu kebenarannya melalui media sosial "

Dalam penjelasan Kasat Binmas Polres Sumbawa ABP Muslihin dalam menyikapi situasi yang bergejolak saat menghadapi Pilkada serentak  di Sumbawa ada 3 C permasalahan yang harus diwaspai antara lain 1. CURAS ini pencurian dengan kekerasan, 2. CURAT pencurian dengan pemberatan dan 3. CURANMOR pencurian kendaraan bermotor.

Kapolres Sumbawa telah menginstruksikan kepada para Kapolsek  untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang situasi yang sedang berkembang saat ini guna ketertiban masyarakat dan hal ini merupakan tanggung jawab bersama untuk menjaga keamanan agar Sumbawa aman, tertib, dan kondusif. Selain masalah tersebut di atas yang tak kalah merisaukannya adalah tentang Narkoba, tempat maksiat, balap liar di kawasan Samota dan masalah lainnya.

Dalam pertemuan tersebut selain membahas masalah-masalah yang sedang berkembang dilakukan pula sharing dan tanya jawab guna menyerap masukan-masukan dari masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Sumbawa. 

Hasil pertemuan Toga Toma melahirkan Rekomendasi sebagai berikut :

1. Segera menangkap pelaku HOAX

2. Segera menutup tempat tempat maksiat

3. Segera menangkap  pelaku penyebaran Narkoba

4. Segera mengamankan balap liar di berbagai tempat terutama di kawasan Samota.


339
Share :

INFORMASI LAINNYA