Kepala Kanwil Kemenag Prov. NTB Lakukan Pembinaan Bagi Pejabat se Pulau Sumbawa

Jumat, 23 Maret 2018 15:22

Kepala Kanwil Kemenag Prov. NTB Lakukan Pembinaan Bagi Pejabat  se Pulau Sumbawa

Kota Bima_Inmas,  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB H. Nasruddin, S.Sos, M.Pdi melakukan kunjungan kerja sekaligus pembinaan bagi Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab/Kota dan Kepala Madrasah Kab/Kota se Pulau Sumbawa. Kepala Kanwil ditemani Drs. H. Sirojuddin, MM, Kabag TU Kanwil Kemenag Prov. NTB dan H. Jalalussayuthi, Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kanwil Kemenag Prov. NTB.  


Kegiatan pembinaaan dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Bima pada Kamis, 22/03/2018 pukul 13.00 wita s.d selesai. Mengawali kegiatan, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bima, Drs. H. Syahrir, M.Si menyampaikan kata sambutan. " Kemenag telah melakukan langkah-langkah konstruktif dalam memberikan pelayanan, baik di bidang pendidikan, pelayanan nikah, maupun pelayanan haji. Oleh karena itu karakter kita dalam bekerja harus mengedepankan hati ".


Dalam kunjungan kerja tersebut, rombongan Kepala Kanwil sebelumnya melakukan peresmian penegerian status salah satu Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Desa Sila Kabupaten Bima yakni MTs Satu Atap Sila berubah status menjadi MTsN 4 Kabupaten Bima. Kepala Kantor Kemenag kabupaten Bima menyerahkan secara langsung SK Menteri Agama terkait perubahan status penegerian tersebut, sehingga jumlah MTs berstatus negeri di Kabupaten Bima bertambah menjadi 4 buah MTsN.           


Kepala Kanwil dalam arahannya menyatakan, dengan adanya penambahan MTs negeri, semakin bertambahnya akses masyarakat untuk menitipkan anak-anaknya menuntut ilmu di madrasah negeri di kabupaten Bima. Tentunya madrasah dapat turut menyumbangkan generasi berkualitas di negeri ini. Saat ini kita pacu terus kualitas madrasah di Prov.NTB,  apalagi Menteri Agama telah meresmikan MAN Insan Cendekia di Prov. NTB. Madrasah dapat memaksimalkan potensi dengan mengembangkan potensi madrasah masing-masing. Madrasah telah memiliki daya saing. Keberadaan madrasah di Prov.NTB merupakan tanggung jawab kita bersama dengan menerapkan insan cendekia.


Pada kesempatan tersebut, Kepala Kanwil  menyampaikan terkait penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Kepala Kanwil mengharapkan seluruh kepala madrasah dapat menerapkan penggunaan anggaran dana BOS sesuai Juknis dana BOS, apalagi Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Prov. NTB telah melakukan rapat koordinasi penggunaan dana BOS. Untuk guru ada 2 (dua) jenis tunjangan, yakni: tunjangan sertifikasi dan tunjangan kinerja. Guru boleh memilih salah satu dari tunjangan tersebut.


Kanwil Kemenag Prov. NTB juga sejak Desember 2017 telah memulai proyek pembangunan KUA, madrasah, dan infra struktur lainnya. Rencananya bulan Agustus 2018 dapat diselesaikan dengan baik. Penyuluh agama pun akan ditingkatkan, setiap desa akan memiliki satu penyuluh agama. Oleh karena itu, Kemenag cukup disegani oleh instansi lainnya.     (Nurrosyidah Yusuf)      

 

412
Share :

INFORMASI LAINNYA

MAN Gerung Gelar Try Out
Kamis, 27 Februari 2014 13:34
Pentingnya Upacara Bendera setiap Hari Senin
Senin, 05 Agustus 2019 07:54