Kemenag Sumbawa Memberikan Pelayanan Pengukuran Arah Kiblat

Jumat, 13 April 2018 14:21

Kemenag Sumbawa  Memberikan  Pelayanan  Pengukuran  Arah Kiblat

Sumbawa Besar_Inmas, Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa melalui Penyelenggara  Syariah memberikan pelayanan pengukuran Arah Kiblat Masjid dan Musholla di Desa Sekokat Kecamatan Labangka Jum’at 13 April 2018. Hal ini disampaikan oleh H. Suhardi, S.pd selaku Ketua Tim Kalibrasi Arah Kiblat yang di SK kan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa dengan anggota sbb : H. Faisal S.Ag, Marzuan, S.PdI, Salim dan Nanang. Pengukuran ini dilakukan menurut H.Suhardi selain untuk akurasi Arah Kiblat juga untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam pelaksanaan Ibadah khususnya di Desa Sekokat Kecamatan Labangka, ada 10 Lokasi yang di ukur terdiri dari 8 Musholla, 1 Masjid dan 1 Lokasi tanah Kuburan. Sebelumnya Pengurus Masjid melalui Kepala Desa setempat menyampaikan surat permohonan Pengukuran Arah Kiblat kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa sambung H.Suhardi , dirinya juga merasa sangat bersyukur dapat melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasannya.

Dalam kesempatan yang sama Ustad H.Faisal, S.Ag yang bertindak sebagai Khatib Sholat Jum’at di Masjid Jami Miftahul Jannah Desa Sekokat menyampaikan pencerahan kepada Jamaah dan masyarakat terkait dengan Arah Kiblat merupakan syarat sah Shalat yang harus dipenuhi. Para Ulama telah bersepakat bahwa keabsahan ibadah utama umat Islam yaitu Shalat yang ditentukan oleh ketetapan menghadap Kiblat sehingga jika Arah Kiblatnya tidak tepat maka Shalatnya bisa dikatakan tidak sah. Oleh karena itu masyarakat tidak perlu ragu terhadap hasil pengukuran Arah Kiblat yang di lakukan oleh Tim dari Kementerian Agama karena dalam  Pengukuran Arah Kiblat menggunakan alat yang canggih seperti  Kompas, GPS ( Global Positioning Systim ) dan Theodolit ditambah lagi dengan Ilmu Pengetahuan yang dimiliki oleh Tim. Kaitan hal tersebut H. Faisal berharap agar dapat menyatukan Faham dan Persepsi serta menerima hasil pengukuran Arah Kiblat dengan sebaik baiknya .

Sementara Kepala Desa Sekokat Suwarno, BA sangat berterima kasih kepada Tim Kalibrasi Arah Kiblat Kemenag Sumbawa yang telah melaksanakan pengukuran Arah Kiblat baik Masjid, Musholla maupun tanah kuburan yang ada di wilayahnya.  Ia berharap akan ada pertemuan selanjutnya dalam rangka memberikan pembinaan dan pencerahan kepada masyarakat ( Alim ). 

46
Share :

INFORMASI LAINNYA