Pembinaan Penyuluh Agama Islam PNS dan NON PNS

Senin, 16 April 2018 12:22

Pembinaan Penyuluh Agama Islam PNS dan NON PNS

Inmas_Kota Mataram,  Kementerian Agama  Kota Mataram  melalui Seksi Bimas Islam melaksanakan pembinaan kepada Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS tahun 2018  bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, Senin 16/04/2018 dengan peserta berjumlah 48 orang Non PNS dan 9 orang Penyuluh PNS selaku koordinator lapangan. Kegiatan ini bertujuan memberikan pembinaan terkait pelaporan kegiatan penyuluh dan dakwah yang dilaksanakan, hal ini dilakukan sebagai wujud dari tertib administrasi.

Pembinaan ini dibuka dengan arahan dari kepala kantor Kementerian Agama Kota Mataram, Drs. H. Burhanul Islam didamping oleh Kepala Seksi Bimas Islam H.M Yunus, S.Ag

Kakankemenag dalam sambutannya,  mengatakan bahwa tugas Penyuluh Agama Islam saat ini dihadapkan pada suatu kondisi masyarakat yang berubah dengan cepat yang mengarah pada masyarakat fungsional, masyarakat teknologis, masyarakat teknologi dan sumber informasi. Dengan demikian setiap penyuluh agama Islam mesti secara terus menerus meningkatkan pengetahuan, wawasan dan pengembangan diri serta teknik dalam penyampaian ke masyarakat sehingga ada korelasi faktual terhadap kondisi dan kebutuhan masyarakat.

Sementara itu, Kasi Bimas Islam H.M Yunus, S.Ag menyampaikan bahwa tantangan para Penyuluh Agama Islam tidaklah ringan. Tentunya akan melalui proses yang diawali dengan pembinaan diri pribadi dan keluarga. Setelah itu baru meningkat pada pembinaan masyarakat. Oleh karena itu, penyuluh agama Islam harus bisa menjadi suri teladan yang baik di masyarakat. Selanjutnya Muhlis juga mengingatkan kepada para penyuluh disamping memberikan kajian-kajian ilmu dan pemahaman agama, untuk selalu memberikan pembinaan terhadap pelaksanaan ibadah yang sifatnya praktis dan fleksibel seperti melaksanakan ibadah shalat, Jamak dan Qasar ketika sedang melakukan perjalanan dan kegiatan Magrib Mengaji.

Sebelum menutup  sambutannya Kakankemenag  mengharap kepada para penyuluh untuk melaksanakan tupoksinya diantaranya adalah memberantas buta huruf Al Quran,  memberi penyuluhan tentang keluarga sakinah, zakat dan wakaf, produk halal, kerukunan umat beragama, dan memberikan penyuluhan bahaya radikalisme serta bahaya Napza ( narkotika, psikotripika dan zat adiktif lainnya )      Sapiuddin 

 

60
Share :

INFORMASI LAINNYA

Kamis, 01 Januari 1970 07:00
Masa Ta’aruf Siswa MAN Lombok Barat
Jumat, 27 Juli 2018 09:35