Jaga Laptop Siswa, Kepala MTsN 2 Kota Bima Memberlakukan Jaga Malam

Selasa, 17 April 2018 02:08

Jaga Laptop  Siswa,  Kepala  MTsN 2 Kota Bima Memberlakukan  Jaga Malam

Kota Bima_Inmas,  Untuk mensukseskan ujian berbasis komputer atau CBT ( Computer Based Test ) di MTsN 2 Kota Bima, Kepala Madrasah memberlakukan jaga malam serta membuat jadwal piket jaga malam bagi bapak guru dan karyawan selama pelaksanaan UAMBN-BK, UASBN-BK, serta UN-BK.

“jaga malam kami berlakukan untuk mengamankan dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti Laptop dan komputer hilang, sabotase jaringan dan sebagainya. Pengamanan ini bukan lagi pada kertas ujian, melainkan perangkat komputer. Itu karena di sekolah kami sudah 2 tahun terakhir ini melaksanakan ujian berbasis komputer (CBT).” ujar Kepala MTsN 2 Kota Bima Drs. Kasmir pada saat memantau dan mengontrol para petugas piket malam, Senin (16/4).

Ia menjelaskan, pihaknya menggunakan ratusan unit komputer yang akan digunakan para siswanya untuk mengikuti UNBK. Menurutnya, komputer tersebut harus dijaga ketat agar tidak rusak dan hilang. karena sarana berupa laptop serta beberapa unut lomputer merupakan pinjaman dari Bapak/Ibu Guru dan pegawai serta kebanyakan laptop yang digunakan untuk CBT ini adalah pinjaman dari siswa-siswi MTsN 2 Kota Bima.

“Setiap malam kami siagakan masing-masing dua petugas piket secara bergilir yang semuanya dari Karyawan MTsN 2 Kota Bima. Mereka standby di sini setiap malamnya. Pengamanan sudah berlangsung sejak satu bulan yang lalu mulai dari simulasi dengan menggunakan CBT hingga sekarang ( UASBN-BK), hingga nanti UN-BK berakhir. Piket jaga malam dimulai setelah shalat Isya yakni sekitar pukul 19:30 WIB sampai dengan pukul 06:00 WIB. dan kami tetap mengontrol langsung tiap malamnya.” paparnya.

Serangkaian piket jaga malam dilakukan dengan pemantauan, berkeliling sekitar lingkungan sekolah serta pengecekan ruang CBT tempat berlangsungnya Ujian. Sebanyak 260 unit laptop dan  komputer, serta 3 unit server yang di tempatkan di tiga ruangan yang digunakan untuk CBT bagi siswa MTsN 2 Kota Bima. dengan rincian 257 unit laptop dan komputer digunakan untuk ujian siswa serta 3 unit sebagai cadangan. (Fsl/Ftr)

37
Share :

INFORMASI LAINNYA