Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia ( AKHI ) Pelayanan Kesehatan Haji dan Umrah

Selasa, 17 April 2018 08:14

Asosiasi  Kesehatan  Haji Indonesia  ( AKHI )  Pelayanan  Kesehatan  Haji  dan  Umrah

Mataram_Inmas, Pengurus Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia  (AKHI ) NTB H. Lalu Sahrun beserta anggota bersilaturrahmi dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat diwakili Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah H. M. Ali  Fikri Senin 16 April 2018 bertempat  di Aula Kantor Wilayah Kemenag NTB yang dihadiri seluruh Kepala Seksi PHU Kanwil Kemenag NTB, dan pengurus AKHI se – Nusa Tenggara Barat.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Kepala Bidang PHU Provinsi NTB H. M. Ali Fikri menyambut baik program yang dilakukan AKHI NTB. Kementerian Agama dan Kemenkes mempunyai tugas bersama dalam melaksanakan tugas yang berkaitan dengan ibadah haji . PHU Kemenag NTB mengapresiasi program AKHI dimana Bidang PHU Provinsi NTB melakukan kerja sama dan saling mensinergikan Permenkes No. 15 Tahun 2016 yakni Istitoah tentang kesehatan yang merupakan kewajibannya untuk melakukan pembinaan secara maksimal terhadap jamaah haji yang akan berangkat tahun 2018.

H. M. Ali Fikri menegaskan tentang pertanggung jawaban pembinaan jamaah haji dilakukan oleh KUA sebanyak 8 (delapan ) kali juga di Kabupaten/Kota tetap dilakukan pembinaan  1 (satu ) kali dan di Embarkasi pada saat pemberangkatan oleh petugas haji. PHU Kanwil Provinsi NTB saat ini memoratorium perizinan Umrah yang telah di stop oleh Menteri Agama dan bagi yang masih mempunyai izin akan diperketat pengawasannya. Di NTB saat ini ada 8 (delapan) Travel Umrah yang resmi  . PHU membuat program untuk melakukan pengawasan dan penertiban jika AKHI dan PHU Provinsi NTB melakukan pembinaan jamaah Umrah maka PHU NTB menyambut baik.

Selanjutnya dikatakan bahwa mulai hari Senin tanggal 16 April 2018 ini dapat dilakukan pelunasan tahap awal, kemudian pembinaan petugas untuk tahun 1439 H / tahun 2018 dilakukan pada tanggal 30 sampai dengan 9 Mei 2018. Kementerian Agama provinsi NTB mendukung kerjasama yang baik dengan AKHI NTB juga dengan IPHI untuk selalu kerja sama  mensuskseskan  pelaksanaan ibadah haji, demikian ujar H.M  Ali Fikri.

Sebelumnya sambutan Ketua AKHI NTB H. Lalu Sahrun bahwa dalam waktu dekat anggota AKHI melakukan berbagai program terkait untuk mempersiapkan , mengawal dan menegakkan Istitoah kesehatan permenkes No. 15 Tahun 2016 secara mandiri maupun lintas sektoral yang bekerjasama melalui Dinas kesehatan, KBIH, AKHI untuk menangani atau pembinaan serta penyuluhan kesehatan para jamaah haji di berbagai Masjid dengan suka rela.

Selanjutnya dikatakan dalam melakukan kegiatan workshop dan seminar Program AKHI memberikan pembinaan terhadap mantan petugas haji  baik kesehatan maupun di luar kesehatan untuk meningkatkan pelayanan haji secara istitoah yakni bagus kesehatannya, kemudian melakukan kerja sama dengan travel yang sah di wilayah NTB dimana tujuannya untuk pendampingan kesehatan. Kewajiban travel untuk melaksanakan atau menjamin kesehatan dan melakukan bimbingan jamah haji dan umrah secara baik dan hal ini perlu untuk selalu ditingkatkan.

Lebih lanjut H.M Ali Fikri mengajak Kepala Kantor Wilayah Kemenag NTB agar memberikan keleluasaan dalam pembinaan kesehatan jamaah haji NTB umumnya. Dan AKHI disini mendukung dalam pelayanan kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan jamaah haji dan mensejahterakan kesehatan jamaah haji dan umrah. Muhamad ……….

 

 

 

 

 

15
Share :

INFORMASI LAINNYA