Seleksi KSM Tingkat Kota Bima Tahun 2018

Minggu, 13 Mei 2018 08:29

Seleksi KSM Tingkat Kota Bima Tahun 2018

Kota Bima_Inmas,  Kantor Kementerian Agama Kota Bima menggelar seleksi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Bima tahun 2018 yang dilaksanakan pada Sabtu, 12/05/2018, pukul 08.00 wita – 09.30 wita di MAN 1 Kota Bima. Dengan mengusung tema “ Gemparkan Dunia dengan Prestasimu”, sebanyak 235 orang peserta mengikuti seleksi, terdiri dari 52 orang untuk tingkat MI/SD, 111 orang untuk MTs/SMP, dan 156 orang untuk MA/SMA/SMK.

Keterangan Abdurrahim, S. Kom, M.Pd, Sekretaris panitia dan merupakan JFU Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bima menjelaskan, KSM merupakan agenda tahunan Kementerian Agama untuk menyeleksi siswa-siswi berprestasi di bidang sains. Peserta KSM berasal dari berbagai sekolah di Kota Bima, baik sekolah yang berlandaskan agama (madrasah) maupun sekolah umum yang ada di Kota Bima.

Ada 11 ruang yang digunakan untuk kegiatan KSM tahun ini. Cara pengerjaan soal dengan PBT (Paper Based Test). Bentuk soal berupa pilihan ganda. Semua soal terintegrasi, soal mata pelajaran umum digabungkan menjadi satu bundel dengan soal mata pelajaran Agama Islam”, tutur Abdurrahim.

Mata pelajaran yang dilombakan untuk MI/SD ada 2 mata pelajaran, yakni Matematika terintegrasi Agama Islam dan IPA terintegrasi Agama Islam. Mata pelajaran yang dilombakan untuk tingkat MTs/SMP ada 3 mata pelajaran, yakni Matematika terintegrasi Agama Islam, Biologi terintegrasi Agama Islam, serta Fisika terintegrasi Agama Islam. Sedangkan mata pelajaran yang dilombakan untuk tingkat MA/SMA ada 6 mata pelajaran, yakni Matematika terintegrasi Agama Islam, Biologi terintegrasi Agama Islam, Fisika terintegrasi Agama Islam, Kimia terintegrasi Agama Islam, Ekonomi terintegrasi Agama Islam, serta Geografi terintegrasi Agama Islam.

Ditambahkan Abdurrahim, pembuat soal dan kunci jawaban KSM tingkat Kota Bima adalah Komite Ahli KSM Nasional. Sementara pengoreksi soal diambil dari perguruan tinggi setempat, perwakilan madrasah, dan perwakilan kantor Kemenag Kota Bima. Sementara yang akan mewakili tingkat Kota Bima ke tingkat provinsi NTB adalah peserta KSM peringkat 1, 2, dan 3.

Seleksi KSM tingkat Provinsi akan dilaksanakan di Mataram pada 25 Juli 2018 dengan menggunakan CBT (Computer Based Test). Peringkat 1 pada masing-masing mata pelajaran akan mewakili provinsi NTB untuk mengikuti seleksi KSM tingkat nasional. Sama halnya dengan seleksi KSM tingkat provinsi, seleksi KSM tingkat nasional menggunakan CBT. KSM tingkat nasional akan dilaksanakan pada 17-21 September di Bengkulu”, tutup Abdurrahim mengakhiri wawancara.  

KSM bertujuan untuk peningkatan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi terbaik dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.  (Nurrosyidah Yusuf)    

 

 

108
Share :

INFORMASI LAINNYA