Kemenag Lobar Menggelar Dialog Lintas Agama Angkatan Ke II Tahun 2018

Kamis, 31 Mei 2018 22:22

Kemenag Lobar Menggelar Dialog Lintas Agama Angkatan Ke II Tahun 2018

Kemenag Lobar_Inmas,   Dialog Lintas Agama dan Lintas Lembaga Keagamaan Angkatan Ke II hari ini Kamis,31 Mei 2018  melengkapi Kegiatan FKUB Kementerian Agama Kab.Lombok Barat Tahun Anggaran DIPA  2018 ,setelah sukses pada penyelenggaraan Angkatan I di Zona Selatan tanggal 30 Mei 2018 kemarin.

Kecamatan Lingsar sebagai tempat penyelenggaraan Dialog tersebut bukan tidak beralasan karena Kecamatan ini adalah bisa dibilang Ikon Kabupaten Lombok Barat sebagai Kabupaten paling majemuk dan paling toleransi antar umat beragamanya. Acara Perang Topat dalam kegiatan Pujawali adalah salah satu contoh dimana dua agama menjalankan sebuah kegiatan bersama dalam satu tempat dan satu kesatuan tradisi yang sulit dipisahkan,Kegiatan turun temurun ini sudah berurat berakar  di masyarakat kecamatan Lingsar pada khususnya sehingga tidak hanya dikenal di dalam negeri tetapi bahkan kegiatan tersebut sampai ke mancanegara sebagai event tahunan kab.Lombok Barat.

Kepala kantor Kementerian Agama kab.Lombok Barat H.Jaelani,S.Pd,M.Pd saat membuka kegiatan angkatan ke II Dialog Lintas Tokoh Agama dan Lintas Lembaga Keagamaan tersebut memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada Pemerintah kecamatan Lingsar yang sudah bersedia memberikan fasilitas tempat untuk pelaksanaan kegiatan tersebut dan kepada KUA Kec,Lingsar yang  juga sebagai mesin penghubung bagi para peserta undangan yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari unsur Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat ,Tokoh Budaya Dan Tokoh Tokoh Tetua Adat wilayah Zona Utara Kab.Lombok Barat yang meliputi kecamatan Narmada, Lingsar, Gunungsari dan Batulayar. Dalam  Pengantarnya Kakankemenag berharap agar suasana harmonisasi yang sudah terjaga dan terbina sejak ratusan tahun tersebut tetap terjaga dan terbina dengan  semangat toleransi yang tinggi yakni saling menghargai,menghormati dan saling menjaga rasa persatuan dan kesatuan NKRI sebagai wujud cinta Tanah Air.

Lebih lanjut Kakankemenag Lobar yang juga putra asli Kab.Lombok Barat kelahiran kecamatan Kediri ini berpesan kepada semua para Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama, Tokoh Adat Dan Budaya serta para Ketua  Forum Masyarakat agar selalu menjaga silaturrahim antar warga agar komunikasi sesama dan antar agama bisa berjalan harmonis dan tenteram.

Dialog dan sesi tanya jawab seputar permasalahan yang ada di masyarakat adalah tema serta  wadah yang sangat penting untuk menggali permasalahan yang ada di masyarakat saat ini. Dalam sesi tersebut para peserta nampak sangat antusias memanfaatkan moment tersebut untuk memberikan berbagai masukan kepada pemerintah dalam mengantisipasi gesekan gesekan yang sifatnya bisa memperkeruh kondusifitas keamanan masyarakat. Upaya pemerintah dalam mengantisipasi gejala gejala yang akan menggoyang keamanan dan kerukunan antar umat beragama.

Di ujung kegiatan Dialog Lintas Agama siang ini sesi dialogpun semakin semarak, hal ini bisa dilihat dari antusias para peserta yang  semakin bergairah untuk bertanya dan memberikan masukan masukan kepada panitia dan narasumber. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat  H.Jaelani,S.Pd,M.Pd memberikan pemaparan dan jawaban di setiap pertanyaan peserta dengan terurut dan jelas. Kegiatan Dialog Lintas Agama yang memang dalam anggaran DIPA 2018 dilaksanakan hanya 2 kali kegiatan pada tahun ini maka Dialog Lintas Agama hari ini diakhiri dengan tradisi foto bersama dan ditutup tepat pada pukul 12.00 Wita@akhirudin

38
Share :

INFORMASI LAINNYA