Peringatan Hari Lahir Pancasila Berlangsung Khidmat

Senin, 04 Juni 2018 19:09

Peringatan Hari Lahir  Pancasila  Berlangsung Khidmat

Inmas_KLU,  Kegiatan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Pancasila dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Lombok Utara. Yang menjadi peserta dalam upacara tersebut berasal dari unsur TNI POLRI, Anggota Satpol PP, Anggota DAMKAR, Dinas Perhubungan dan ASN Se Kabupaten Lombok Utara. Bertugas sebagai Komandan Upacara Kasat Sabhara Polres Lombok Utara Iptu Bugiarta dan sebagai Komandan Upacara Wakil Bupati Lombok Utara Syarifudin, SH,MH , sedangkan untuk pembaca Doa dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara dalam hal ini diwakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Suparlan, S.Pd,M.Si, dan pembawa lagu Mars Pancasila dari anggota PGRI Kabupaten Lombok Utara dengan kondektur Ni Wayan Kartiasih.

Hadir dalam upacara tersebut dari Kapolres Lombok Utara, Koramil Lombok Utara, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab.Lombok Utara, Sekda Kab.Lombok Utara, Asisten dan Staf Ahli Kab.Lombok Utara, Kepala Dinas dan Kepala Kantor Se Kab.Lombok Utara, Ketua Penggerak PKK dan Ketua GOW

Upacara bendera memperingati hari lahirnya Pancasila ini dimulai pada pukul 08.00 wita karena dalam suasana puasa Ramadhan dan berlangsung dengan khidmad yang bertemakan “ Kita Pancasila Bersatu, Berbagi, Berprestasi “ .

Wakil Bupati Lombok Utara Syarifudin, SH,MH dalam amanatnya menyampaikan dan mengajak kepada seluruh peserta upacara untuk  menjadikan Pancasila sebagai benteng terakhir  dan menjadikan Pancasila sebagai sendi – sendi dasar  kehidupan kita dan kedepannya Pancasila  mampu menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa RI.

“ Mari menjadikan Pancasila sebagai benteng terakhir  dan menjadikan Pancasila sebagai sendi – sendi dasar  kehidupan kita dan kedepannya Pancasila mampu menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa RI. Pancasila lahir  dari suatu proses yang dimulai dari rumusan Pancasila yaitu 1 juli 1945 yang dipidatokan oleh Ir Soekarno pada piagam Jakarta tanggal 22 juni 1945 dan rumusan finalnya pada tanggal 18 agustus 1945 ", demikian ujar Syarifudin.

Lebih Jauh Syarifudin dalam amanatnya menyampaikan bahwa Pancasila  ini adalah berkat tempaan dan jiwa besar para pendiri besar, para ulama dan para pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara sehingga kita berhasil membangun kesepakatan bangsa yang telah mempersatukannya dan harus kita tanamkan bersama kodrat bangsa Indonesia adalah kemajemukan dan takdir Tuhan untuk bagaimana kita mempersatukannya sehingga kedepan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat yang tidak terkalahkan oleh bangsa – bangsa lain.

Wakil Bupati Lombok Utara menyampaikan  2 ( dua ) pesan yang disampaikan dalam Peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun ini.

“ Pesan penting yang disampaikan dalam Hari kesaktian Pancasila tahun ini ada 2 ( dua ) yaitu 1. Pancasila membuat Indonesia bersatu, Memberikan Motivasi  dan menjadi sumber inspirasi untuk berprestasi yang sebaik – baiknya, 2). Merayakan lahirnya Pancasila berarti menguatkan pondasi bangsa dan merasakan indahnya bersatu, berbagi dan berprestasi yaitu untuk mencapai kesejahteraan bangsa untuk masa – masa yang akan datang “ demikian yang disampaikan Wakil Bupati

Lebih Jauh lagi Wakil Bupati menyampaikan bahwa Momentum 1 Juni sebagai hari lahirnya Pancasila untuk mengenang Pancasila yang lahir  dari suatu proses yang dimulai dari rumusan Pancasila yaitu 1 juli 1945 yang dipidatokan oleh Ir Soekarno pada piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan finalnya pada tanggal 18 Agustus 1945. Kesemuanya itu adalah berkat tempaan dan jiwa besar para pendiri besar, para ulama dan para pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara sehingga kita berhasil membangun kesepakatan bangsa yang telah mempersatukannya dan haruskah kita tanamkan bersama kodrat bangsa Indonesia adalah kemajemukan dan takdir Tuhan untuk bagaimana kita mempersatukannya sehingga kedepan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat dan tidak terkalahkan oleh bangsa – bangsa lain.

Pesan penting yang disampaikan dalam Hari kesaktian Pancasila tahun ini ada 2 ( dua ) yaitu 1. Pancasila membuat Indonesia bersatu, Memberikan Motivasi untuk berbagi dan menjadi sumber inspirasi untuk berprestasi yang sebaik – baiknya, 2). Merayakan lahirnya Pancasila berarti menguatkan pondasi bangsa dan merasakan indahnya bersatu, berbagi dan berprestasi yaitu untuk mencapai kesejahteraan bangsa untuk masa – masa yang akan datang.

Momentum 1 juni sebagai hari lahirnya Pancasila untuk mengukuhkan komitmen bersama sebagai bangsa dalam rangka membangun kemandirian bangsa. Berkomitmen untuk mengutamakan Pancasila sebagai panduan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. ( Mus Jonggat  )                          

48
Share :

INFORMASI LAINNYA