Membaca Al-Qur’an Obat Yang Mujarab

Jumat, 08 Juni 2018 09:32

Membaca Al-Qur’an Obat Yang Mujarab

Mataram_Inmas,   Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat memperingati hari Nuzulul Qur’an sekaligus buka bersama di hadiri eselon III dan IV karyawan/ti lingkup Kanwil NTB, Mantan Ka.Kanwil, Kankemenag, Kasubag TU, Kepala Seksi, Kepala Madrasah, Kepala KUA se – Pulau Kamis 7 Juni 2018 kegiatan di pusatkan di halaman Kantor Wilayah Kemenag Provinsi NTB.

Peringatan hari Nuzulul Qur’an disampaikan oleh TGH. Muhammad Taisir mengingatkan kepada umat muslim agar rutin membaca Al-Qur’an. Ayat pertama yang diturunkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW. Iqra’ yang berarti  dibaca. Dalam firmanNya Allah SWT mengatakan di awal surat Arrahman dan jauh-jauh hari sebelumnya Al-Qur’an sebagai pedoman dalam kehidupan. Oleh karena itu  cintailah Al-Qur’an sebagaimana mencintai Allah SWT yakni cinta yang  hakiki.

Allah menurunkan Al-Qur’an untuk dibaca manusia sebagai cintanya tapi manusia jarang membacanya, maka TGH. Taisir mengumpakan cinta Allah bertepuk sebelah tangan karena manusia jarang membaca Al-Qur’an. H. Muhammad Taisir mengajak kepada selurut umat muslim untuk sering membaca Al-Qur’an tidak hanya pada bulan suci Ramadhan saja namun juga pada hari-hari yang lain  agar selalu dibaca untuk selalu mengingat kepada Allah  juga membersihkan hati kita.

Selanjtnya H. Muhammad Taisir juga mengajak untuk selalu berinteraksi dengan Al-Qur’an walaupun hanya satu ayat dalam sehari untuk mendatangkan syafa'at di hadapan Tuhan kelak.  Al-Qur’an tersimpan dalam tempat yang sangat terjaga dan sangat dirahasiakan.  Al-Qur’an diturunkan oleh Allah dengan dua cara pertama diturunkan sekaligus pada malam Lailatul Qadar maka Allah menggunakan Anzala dan diturunkan secara berangsur-angsur. Allah juga menggunakan Azzalah dan Allah menggunakan Taurat Anzzalah karena Injil dan Taurat diturunkan sekaligus. Menurut TGH. Muhammad Taisir bahwa berbeda dengan Al-Qur’an yang diturunkan sekaligus pada malam Lailatul Qadar. Oleh karena itu   mengajak kepada umat manusia untuk membaca Al-Qur’an pada malam ganjil  dalam bulan Ramadhan apalagi pada malam Jum’at, kebetulan malam jumat nanti merupakan malam ganjil  sehingga peluang besar turunnya Lailatul Qadar. Hal ini sesuai   pendapat Ibnu Taiming ra dan Kitab Majumuk Al-Fatawa.

Sebelumnya sambutan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Nasruddin menyampaikan bahwa pada saat ini bisa bertemu dengan mantan kakanwil atau senior merupakan barokah atau penghargaan luar biasa dan sebagai support untuk meningkatkan disiplin kerja di Kanwil Provinsi NTB ini , selain itu dapat sebagai contoh tauladan bagi yang masih aktif untuk bisa mengikuti jejak para senior yang telah berkesempatan hadir saat ini. Alhamdulillah semua masih dapat dipertemukan pada bulan Ramadhan. Semoga dapat bertemu kembali pada bulan Ramadhan yang akan datang .

H. Nasruddin mengajak melayani masyarakat dengan penuh keramahan dan ikhlas sehingga kedepan menghasilkan yang lebih baik dan apapun yang direncanakan kedepan akan dipermudah dengan hasil keramahan dan keikhlasan tersebut. Pada momen Ramadhan tahun ini sebagai sebuah pembelajaran sebelas bulan yang akan datang untuk semua bagian lingkup Kanwil Provinsi NTB karena Kementerian agama untuk NTB.

H. Nasruddin menekankan terutama dalam bidang pendidikan untuk selalu ditingkatkan kualitas pendidikan di Madrasah juga Pondok Pesantren dan menjadikan pendidikan yang berkualitas serta  bermutu. Hal ini merupakan  salah harapan juga kunci untuk memajukan kehidupan masyarakat.

Selanjutnya Bimas Islam yang merupakan salah satu kunci untuk memajukan NTB diharapkan untuk meningkatkan rumah-rumah ibadah untuk kemajuan intelektual masyarakat, selain pendidikan dan rumah ibadah tersebut juga merupakan pasar untuk meningkatkan kesejahteraan umat.

H. Nasruddin mengajak khusus kepada ASN Kementerian Agama bahwa pada momen Ramadhan tahun ini membangun komitmen dalam melaksanakan tugas kedepan melayani masyarakat dengan sepenuh hati, penuh keceriaan, keramahtamahan dan tidak ada diskiriminasi terhadap  siapapun.

Di akhir sambutannya  H. Nasruddin menyampaikan  bahwa Kantor Wilayah Kemenag NTB dalam waktu dekat akan membuat pelayanan satu pintu dan merubah model bangunan untuk pelayanan satu pintu guna mempermudah pelayanan dan pengabdian  masyarakat. Mhd..

_____________________________________________________________________

Pembuat Release    :    Muhamad

Editor                       :    Hj. Diah Purnawati  ( Pengelola Website )

Disetujui                  :     H. Zamroni Azis  ( Kasubag Humas )

 

 

 

 

 

 

36
Share :

INFORMASI LAINNYA