Kakanwil : Tingkatkan Pengelolaan Simpatika

Selasa, 10 Juli 2018 09:02

Kakanwil  :  Tingkatkan Pengelolaan Simpatika

Mataram  Inmas _ Banyaknya program pemerintah untuk mensejahterakan dan meningkatkan pendidikan melalui sertifikasi guru, sertifikasi ini tidak hanya meningkatkan kesejahteraan guru, juga untuk meningkatkan kwalitas pendidikan di negara kita ini menjadi semakin baik, disamping meningkatkan kesejahteraan guru ada hal yang sangat penting untuk di tingkatkan adanya sistim informasi pendidikan dan tenaga kependidikan ( simpatika ).

Simpatika ini sebuah aplikasi merupakan pengembangan dari padamu negeri simpatika untuk memudahkan efektifitas dan efisiensi sesuai dengan perkembangan saat ini era digital terkait dengan pendidikan maka era digital diminta kepada seluruh peserta pengelola simpatika untuk memanfaatkan sebaik-bainya dalam memberikan informasi tentang pendidikan

Tujuan kegiatan Workshop pengelolaan Simpatikan dan Sertifikasi guru PAI ini adalah untuk meningkatkan keterampilan para peserta khususnya operator simpatika dalam mengsukseskan pengelolaan pendidikan. Peserta kegiatan ini terdiri dari Pengawas, Pokjawas, KKG, MGMP membawahi guru-guru di masing-masing Kabupaten/Kota se NTB, ucap ketua panitia

kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 ( tiga ) hari dari tanggal 9 sampai dengan 11 Juni 2018 di Hotel Puri Indah Cakranegara jumlah peserta berjumlah 40 ( empat puluh ) orang di sampaikan Ketua pantia H. Sapun Nasri.

Kegiatan dihadiri oleh kepala kanwil kemenag NTB yang didampingi oleh kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan islam H. Jalalussyayuthi, tanpak hadir juga seluruh Kepala Seksi Pendidikan Agama dan keagamaan Islam lingkungan Kanwil Kementerian Provinsi NTB.

Dalam Sambutannya Kepala kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Nasruddin menyatakan kesejahteraan guru selalu dibicarakan oleh para pemimpin bangsa untuk ditingkatkan, disisi lain berbicara tentang simpatika sistim untuk pengawasan dana pendidikan dari jenjang indifidu pimpinan madrasah, Kementerian Agama provinsi maupun Kementerian Agama Kabupaten/Kota hingga unit-unit kerja Kementerian Agama.

Selanjutnya dikatakan simpatika sistim informasi untuk dunia pendidikan mensejahterakan seluruh pendidik di bawah naungan Kementerian Agama pelayanan PTK merupakan program padamu negeri sejak 17 Agustus 2015 Kementerian mengembangkan secara mandiri layanan simpatika PTK berbasis sistim Sial padamu negeri bekerja sama denga PT Telkom Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan pemutakhiran layanan simpatika akan dipergunakan oleh Direktorat Pendidikan Madrasah sebagai dasar dalam pelaksanaan program-progran pendidikan pengembangan kwalitas PTK tunjangan profesi pendidikan dan pelatihan, penilaian kinerja guru dan  Nomor Registrasi guru (NRG) implementasi simpatika diintegrasikan denga Edukasi Manajemen Informasi Sistem (EMIS).

H. Nasruddin memberikan informasi tentang dipodik Ditjen guru dan Kependidikan Kemendikbud dalam pelaksanaan program sertifikasi guru dan penerbitan NRG kegiatan ini juga untuk memberikan pemahaman tentang proses sertifikasi guru dan pengawas pendidikan agama Islam tahun 2018.

Yang lebih penting lagi tentang peran MGMP, KKG ditingkatkan pada tingkat sekolah dan operator masing-masing Kab/Kota untuk pendataan terkait dengan simpatika, merumuskan formulasi strategis pendataan guru dan pengawas PAI, untuk melakukan falidasi data guru pada masing-masing jenjang, menyiapkan data dan informasi yang abdating melalui simpatika.

H. Nasruddin berharap kepada peserta Workshop pengelola simpatika agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh untuk diimplementasikan dan dilaksanakan di tempat tugas masing-masing dimamfaatkan sebaik-baiknya.Mhd….

 

 

 

 

 

 

 

29
Share :

INFORMASI LAINNYA