Pemerintah Akan Mempermudah Proses Penyelenggaraan Haji

Rabu, 11 Juli 2018 07:56

Pemerintah Akan Mempermudah Proses Penyelenggaraan Haji

Mataram_Inmas,  Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama Pusat Hj. Sri Ilham Lubis memberikan pengarahan dalam pelantikan PPIH Embarkasi Lombok pada hari Selasa 10 Juli 2018 bertempat di Asrama Haji Embarkasi Lombok Tahun 1439 H / 2018 M . Acara pelantikan PPIH Embarkasi Lombok  dihadiri Gubernur Nusa Tenggara Barat yang diwakili oleh Sekda Pemprov NTB H. Rosyadi Sayuti, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi NTB, JM.PT Garuda Indonesia, serta para pejabat terkait.

Arahan atau sambutan Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Hj. Sri Ilham Lubis menyampaikan bahwa operasional penyelenggaraan haji pemberangkatan jamaah haji dua gelombang akan dimulai untuk Gelombang Pertama pada tanggal 17 Juli 2018 s/d 29 Juli 2018, sedangkan untuk Gelombang Kedua pada 30 Juli 2018  s/d 15 Agustus 2018. Gelombang Pertama langsung mendarat di Madinah dan Gelombang Kedua mendarat di Bandara King  Abdul  Aziz  Jeddah.

Adapun ketika  Pemulangan Haji terdiri dari dua gelombang pula. Gelombang pertama di mulai 27 Agustus berakhir pada tanggal 8 September 2018 dan seluruhnya akan dipulangkan melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Untuk Gelombang Kedua dimulai pemulangan pada tanggal 9  s/d 26 September 2018 dan seluruhnya dipulangkan melalui Bandara Amal Madinah. Pada operasional haji tahun ini akan diberangkatkan jamaah haji  dari 13 Embarkasi Haji dengan total jumlah jamaah keseluruhan adalah  2653 orang.

Jumlah diatas  tergabung didalam 507 penerbangan dan 517 kloter dengan menggunakan dua maskapai penerbangan yaitu Garuda dan Saudi Arabia Air Lines. Kepada Jamaah Calon Haji diberikan koper bagasi dengan berat maksimal 32 kg, dan untuk tas jinjing maksimal 7 kg juga 5 liter air zam-zam per jamaah haji. Selama dalam penerbangan jamaah haji akan mendapatkan makan dua kali dan satu snack ringan serta minuman sesuai hasil Nil Tes.

Selanjutnya Hj. Sri Ilham Lubis mengatakan bahwa tahun ini pemerintah terus melakukan peningkatan dalam pelayanan ibadah haji. Ada sepuluh inovasi dalam rangka meningkatkan pelayanan jamaah haji. Pada tahun 2016 kepuasan mencapai 84,85 % , dan tahun 2017 sejumlah  83,83 %, sedangkan untuk tahun 2018 target pemerintah diharapkan bisa mencapai 85 %. Terkait hal tersebut pemerintah sudah melakukan sepuluh inovasi terkait dengan seluruh persyaratan atau pelayanan oleh pemerintah Arab Saudi yang memberikan kemudahan  sangat tinggi kepada jamaah haji Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan Hj. Sri Ilham Lubis bahwa Arab Saudi memperlakukan jamaah haji Indonesia sebagai jamaah VIP. Yang pertama kali dilakukan itu semua atas biaya pemerintah Arab Saudi, kemudian Gelang telah direkam aplikasi Haji Pintar, sistim sewa akomodasi di Madinah sebelumnya menggunakan sistim sewa. Pada saat musim haji sejumlah seratus hingga dua ribu jamaah akan ditempatkan pada hotel-hotel yang disewa dengan sistim full musik, begitu pula  dengan  pemindahan jamaah haji dari tempat yang satu ke tempat yang lain akan dipermudah pula.

Begitu banyak kemudahan-kemudahan yang diberikan. Terkait dengan katering jamaah haji disesuaikan dengan selera Indonesia dimana tukang masaknya berasal dari Indonesia yang akan memasak makanan dengan cita rasa nusantara. Penambahan katering di Mekkah sebelumnya untuk jatah makan 25 kali pertahun menjadi 40 kali, memudahkan tas dan koper jamaah haji untuk ditandai dan diantar ke pemondokan masing-masing, sedangkan bagi jamaah haji yang meninggal dunia sekarang bisa dialihkan ke ahli warisnya tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang tidak bisa dialihkan dan apabila ahli warisnya ingin menggantikan maka harus daftar dari awal lagi.

Selain beberapa kemudahan tersebut berlaku pula untuk masalah visa. Saat ini apabila ada visa yang keliru maka tidak harus ke Jakarta lagi karena mulai tahun ini bisa di cetak di  Kemenag Provinsi, begitu juga untuk penempatan jamaah haji pada sektor-sektor dimudahkan dan dikoordinasikan dengan TPIHI. Sedangkan untuk pembentukan Tim Pertolongan Pertama di Jahrat pada saat melontar pertama banyak jamaah usia lanjut saat ini maka akan disiapkan petugas khusus untuk menolong sepanjang terowongan.

Sebelum mengakhiri sambutannya Hj. Sri Ilham Lubis berharap kepada  TPIH Embarkasi Lombok agar bekerja secara optimal sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing sehingga terwujud pelayanan prima sebagaimana yang diharapkan bersama dengan berkoordinasi dan bekerjasama yang baik serta mampu melaksanakan tugas yang baik dan amanah.  @Mhd……


Pembuat Release    :    Muhamad

Editor                       :    Hj. Diah Purnawati  ( Pengelola Website )

Disetujui                  :     H. Zamroni Azis  ( Kasubag Humas )

 

 

 

26
Share :

INFORMASI LAINNYA