Kemenag NTB : Masih Mempertahankan WTP

Jumat, 13 Juli 2018 17:05

Kemenag NTB : Masih Mempertahankan WTP

Mataram_Inmas, Tim Inspektoral Jenderal Kementerian Agama Pusat menggelar pemeriksaan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat pada hari Jum'at tanggal 13 Juli 2018. Kedatangan Tim Irjen tersebut diterima langsung oleh Kepala Bagian Tata Usaha H. Sirojudin  di Aula Utama Kanwil Kemenag Prov. NTB .

Salah satu anggota Tim Irjen Sugiarto menyampaikan arahannya yang mana dalam arahannya tersebut dikatakan bahwa kedatangan Tim Inspektorat Jenderal Kementerian Agama adalah untuk membantu terlaksananya penyajian laporan keuangan Kementerian Agama dan memberikan informasi keabsahan laporan keuangan serta pengakuan pengukuran transaksi standar akutansi pemerintah pada Kementerian Agama sehingga menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas serta memberikan informasi dan rekomendasi atas kelemahan dalam pelaksanaan kegiatan kepada pejabat yang berwenang.

Sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan Peraturan Menteri Keuangan No. 25 terkait dengan laporan keuangan maka Tim sebagai bentuk pertanggung jawaban pemerintah atas pelaksanaan APBN berupa laporan dan realisasi anggaran, neraca laporan operasional, dan laporan perubahan catatan atas laporan keuangan. Tim Inspektorat berharap kepada peserta agar semua satker, masing-masing bidang , seksi pada Kemenag kab/kota  mengirim ke eselon satu atau pusat, kemudian Tim berharap apapun kendala atau permasalahan yang ada di daerah agar menginformasikan ke pusat atau ke eselon satu untuk diketahui kekurangan ataupun  kelebihannya.

Selanjutnya perlu diketahui bahwa Kementerian Agama Provinsi NTB pada tahun 2017 masih bertahan pada opini  “Wajar Tanpa Pengecualian”. Tim memberikan predikat WTP  sesuai dengan hasil pemeriksaan Tim Inspektorat , dan untuk tahun 2018 ini masih bertahan di predikat WTP tersebut.

Adapun jumlah satker pada Kementerian Agama yakni sebanyak  4561 satker dengan jumlah DIPA sebanyak 6690 DIPA. Untuk Provinsi NTB Tim meminta total keseluruhan jumlah satker yang ada seperti misalnya berapa jumlah yang Sekjen, Pendis, PHU dan lain-lainnya. Pada tahun 2017 yang lalu anggaran secara keseluruhan 64 Triliun,67 Milyar, namun yang terealisasi pada tahun 2017 tersebut sejumlah 6 Triliun, 173 Milyar atau hanya 93,78%, sehingga masih ada tersisa 3 Triliun,994 Milyar.

Lebih lanjut Tim Inspektorat berharap kepada para peserta terkait inventaris  agar dilaporkan sesuai dengan senyatanya jumlah barang yang ada. Menurut Tim Inspektorat bahwa  di NTB ada beberapa temuan atau permasalahan seperti yang ada di Kanwil Kemenag Provinsi pada waktu yang lalu sehingga Tim Inspektorat membagi tugas pemeriksaan untuk masing-masing bidang dan berharap kepada bidang yang belum menyelesaikan terkait hasil temuan sebelumnya agar segera  diselesaikan.

Sebelumnya kata pengantar dari Kepala Bagian Tata Usaha H. Sirojudin mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat bahwa Tim Inspektorat Jenderal Kemenag RI akan berada di Kemenag NTB selama 10 ( sepuluh ) hari untuk menyelesaikan pemeriksaan.  H. Sirojudin berharap kepada seluruh peserta agar mempersiapkan keperluan untuk pemeriksaan oleh Tim  Inspektorat  tersebut dengan sebaik-baiknya .  @Mhd…..


Pembuat Release    :    Muhamad

Editor                       :    Hj. Diah Purnawati  ( Pengelola Website )

Disetujui                  :     H. Zamroni Azis  ( Kasubag Humas )

 

 

213
Share :

INFORMASI LAINNYA