Bantuan Langsung Kepala Kantor Kemenag Lobar Kepada Beberapa Ponpes

Selasa, 07 Agustus 2018 07:18

Bantuan Langsung Kepala Kantor Kemenag Lobar Kepada Beberapa Ponpes


Kemenag Lobar_Inmas, Pasca gempa yang melanda seluruh NTB khususnya Pulau Lombok pada Ahad  29 Juli 2018 dengan kekuatan 6,4 Magnitudo yang kemudian disusul pada Ahad malam 5 juli 2018 yang berkekuatan 7,0 Magnitudo mengguncang  dan memporak porandakan kabupaten Lombok Utara , Lombok Barat, Lombok Timur,Mataram dan sekitarnya. Bencana gempa bumi yang dialami Pulau Lombok kali ini benar benar meluluh lantakkan kabupaten Lombok Utara dan Lombok Barat yang merupakan Dua kecamatan terkena dampak paling parah. Daerah yang dialami kabupten Lombok Barat adalah kecamatan Gunungsari dan kecamatan Batulayar.

Pasca  bencana tersebut Kepala kantor Kementerian Agama kab.Lombok Barat  H.Jaelani,S.Pd ,M.Pd bersama Kasi Penmad kabupaten Lombok Barat H.Nasrullah serta Kasi Bimas Islam kabupaten Lombok Barat H.Safaruddin turun langsung ke lapangan melihat secara lebih dekat lagi  masyarakat kedua kabupaten tersebut sekaligus memberikan bantuan  makanan dan  sumbangan  ke beberapa Ponpes yang ada di kecamatan Gunungsari dan Batulayar. Kakankemenag yang didampingi oleh Kasi Penmad dan Kasi Bimas Islam serta Humas Kemenag Lobar Akhirudin yang selalu aktif meliput setiap kegiatan pimpinannya tersebut ikut pula  meninjau langsung ke lokasi bencana serta berdialog langsung dengan Pengurus Ponpes serta masyarakat di tenda tenda pengungsian.

Kakankemenag Lobar berharap dan berpesan kepada Pimpinan Ponpes serta Pengurus Yayasan agar bersabar dan tetap tenang dan tabah dengan bencana ini. Kehadiran orang nomor satu di Kementerian Agama kab.Lombok Barat  tersebut benar benar membawa kedamaian dan rasa diayomi seperti yang diucapkan oleh salah seorang guru yang tidak mau disebutkan identitasnya. Sementara itu dari pantauan Humas Kemenag Lobar Akhirudin yang juga ikut mendampingi Kakankemenag Lobar bahwa keadaan dan situasi pasca bencana yang ada di dua kecamatan tersebut benar-benar sangat memprihatinkan, dimana beberapa Ponpes dan  sekolah madrasah yang ada di dua kecamatan tersebut hampir rata dengan tanah dan sudah tidak layak lagi untuk ditempati sebagai tempat proses balajar mengajar, selain itu trauma masyarakat  khususnya siswa siswi serta orang tua wali murid sangat jelas terlihat dari raut wajah mereka. Hal ini tentunya butuh waktu lama dan perlahan untuk memulihkan situasi dan keadaan agar kembali normal.

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Lobar H.Nasrullah yang ikut dalam kunjungan berharap agar proses belajar mengajar bisa dikondisikan sesuai situasi dan kondisi keamanan lapangan saat ini. Keikut sertaan Kasi Penmad bersama beberapa orang stafnya juga dalam rangka mendata jumlah sekolah madrasah dan Ponpes yang rusak berat serta ringan akibat bencana gempa tersebut.

Pada kesempatan yang sama  Kasi Bimas Islam Kemenag Lobar H.Safaruddin saat meninjau langsung Kantor Urusan Agama kecamatan Gunungsari dan kecamatan Batulayar yang juga rusak berat akibat bencana tersebut berharap agar suasana pasca gempa  KUA di dua kecamatan tersebut nantinya dapat dikondisikan keadaannya agar pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan seperti semula.

Kunjungan Kakankemenag Lobar bersama rombongan pada hari Selasa, 7 Agustus 2018 berakhir di Kantor Urusan Agama kecamatan Batulayar dengan agenda yang sama yakni meninjau lokasi / melihat secara langsung pasca gempa ke madrasah madrasah serta Kantor Urusan Agama  sekaligus mendata bangunan bangunan yang rusak akibat bencana tersebut.  @ Akhirudin


Pembuat Release    :    Akhirudin

Editor                    :    Hj. Diah Purnawati  ( Pengelola Website )

Disetujui                :    H. Zamroni Azis  ( Kasubag Humas ) 

17
Share :

INFORMASI LAINNYA