KKM MTsN 1 Sumbawa “Diklat Teknis Substantif Penilaian Pembelajaran”

Selasa, 07 Agustus 2018 08:46

KKM MTsN 1 Sumbawa  “Diklat Teknis Substantif Penilaian Pembelajaran”

Inmas_MTsN 1 Sumbawa,  Kementerian Agama kabupaten Sumbawa memberikan pembekalan pengetahuan penilaian pembelajaran kepada 40 guru di lingkup Kemenag. Ke 40 guru tersebut berasal dari sejumlah anggota KKM Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Sumbawa. Kegiatan  di back up oleh Balai Diklat Denpasar selama Enam hari yang berlangsung sejak hari Senin, 06/08/2018  sampai hari Sabtu, 11/08/2018.


Drs. H Sukri, HM.M.S.I Kepala Kemenag kabupaten  Sumbawa dalam arahannya menyampaikan bahwa para guru diharapkan memiliki integritas dan komitmen serta memiliki pengetahuan yang terus terbarukan,  sehingga dibutuhkan  keinginan untuk maju. Guru hendaknya meningkatkan kemampuan diri dengan memanfaatkan media sosial dengan cerdas dalam rangka menambah wawasan di bidang tugas dan kewajiban selaku guru. Selaku orang yang digugu dan ditiru sosok guru menjadi sebuah keniscayaan untuk memiliki kecerdasan ESQ lebih dari guru lainnya seperti kecerdasan emosional, spiritual dan intelektual. 

Lanjut H.Sukri kecerdasan intelektual sudah jelas menjadi syarat menjadi pendidik dan pengajar sedangkan kecerdasan emosional artinya perlu kestabilan, dan kecerdasan  spiritual  menjadi sangat penting dalam kehidupan rohani dalam kehisupan yang berhubungan secara vertikal. Disamping itu guru dituntut juga untuk menambah kecerdasan sosial yang diterapkan dalam interaksi secara horizontal. Untuk meningkatkan kecerdasan ini perlu terus diberikan jalan keluar seperti diklat dan bimbingan baik itu oleh Balai Diklat ataupun oleh Pengawas Pendidikan Agama di lingkup Kemenag. H. Sukri mengatakan  di lingkup Kemenag telah disediakan Balai Diklat di Denpasar dengan cara berkala . Selain itu H.Sukri juga berharap walaupun guru belum mendapat giliran untuk mengikuti diklat maka diharapkan untuk terus berupaya  meningkatkan skill dan kemampuannya, sehingga kemampuan terus di update. Jangan sampai siswa  lebih kreatif dan lebih dulu mengetahui dan memahami materi yang ada. Walaupun tidak menutup kemungkinan itu bisa saja terjadi. Pada intinya guru harus lebih dinamis.

Seusai Kepala Kemenag menyampaikan sambutan secara langsung maka dengan resmi membuka acara “Diklat Teknis Substantif Penilaian Pembelajaran” dengan menyematkan tanda pengenal kepada perwakilan peserta Mustaram, S.PdI dan Desnilawati, S.Pd.
Sementara itu Ahmad Zaeni. S.Ag , M.AB Ketua  Panitia dari Balai Diklat mengharapkan agar dengan adanya peningkatan wawasan dan kemampuan itu nantinya ada yang bisa berubah  setelah dilakukan program.

Di tempat yang sama Adiat Hasan, S.Ag Kamad MTsN 1 Sumbawa juga menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada Balai Diklat Keagamaan (BDK) Denpasar sekaligus juga terhadap dukungan yang besar dari Kemenag Kab. Sumbawa atas penyelenggaraan kegiatan tersebut serta  kehormatan karena dipilih sebagai tempat yang dipercayakan kepada MTsN 1 Sumbawa untuk pelaksanaan diklat tersebut. .


Pembuat Release    :    Humas MTsN 1 Sumbawa

Editor                    :    Hj. Diah Purnawati  ( Pengelola Website )

Disetujui                :    H. Zamroni Azis  ( Kasubag Humas ) 




17
Share :

INFORMASI LAINNYA