Kunjungan MKKM MAN 3 Palembang ke MAN 1 Lombok Tengah

Kamis, 09 Agustus 2018 19:25

Kunjungan MKKM MAN 3 Palembang ke MAN 1 Lombok Tengah

Inmas_MAN 1 Loteng, Dengan fenomena alam dan situasi kondisi belakangan ini maka dibutuhkan untuk lebih meningkatkan silaturrahim baik inter dan antar instansi atau lembaga pemerintah dan perorangan. Isi dari silaturrahim bisa berupa pertukaran informasi akan profesi maupun kekayaan alam yang dimiliki, selain itu memuat konsep sebagai kegiatan meninjau dan melakukan evaluasi pada sebuah objek tempat, dan hal ini cukup menyenangkan karena berkesempatan bisa refreshing sekaligus menambah cakrawala wawasan dan memiliki sifat lebih konsekuensif karena realitanya cukup penting kalau benar-benar dilakukan secara konsekuensi sesuai dengan esensinya, sebab dengan kegiatan ini akan ada injeksi baru dalam menunjang kreatifitas supaya bekerja maksimal maupun inovasi dalam menghasilkan produk maupun layanan yang kompetitif karena jika ditilik dari perkembangan jaman dan tehnologi seperti sekarang ini maka apapun dan siapapun dari manapun bisa muncul dan berkembang dengan sangat cepat karena kompetisi adalah cara yang fair dan terbuka bagi siapa saja yang mau mengusahakan dan memperjuangkan meski harus mengasah kembali kompetensi bahkan dari titik-titik berbeda dan membutuhkan daya jelajah cukup matang.

Selain hal tersebut  yang melatarbelakngi keluarga besar Musyawarah Kerja Kepala Madrasah (MKKM) MAN 3 Palembang bertandang ke MAN 1 Lombok Tengah, maka banyak manfaat lainnya yang diraih ketika saling menukar informasi dan menjaga silaturrahim yaitu selain kebaikan dan rahmat dari Allah SWT maka  akan mempererat hubungan antar manusia maupun antar lembaga pula.

Adapun beberapa hal yang bisa di adopsi  di MAN 1 Lombok Tengah oleh MKKM MAN 3 Palembang yang barangkali bisa diterapkan di MAN se Palembang adalah pengelolaan Workshop Elektro, Sekretaris, dan Tata Busana. Workshop Elektro disini bertujuan mengembangkan bakat dan  minat siswa dalam bidang elektro, baik itu elektro informatika maupun usaha kreatif yang diwadahi dalam wadah workshop elektro. Sedangkan untuk Sekretaris disini siswa siswi dilatih untuk kelak dapat menjadi sekretaris yang profesional. Di masa lalu, sekretaris seringkali disebut sebagai pengetik, mengingat alat yang selalu mereka operasikan. Namun di era informasi dewasa ini, peran sekretaris beralih menjadi jabatan profesional yang tidak lagi dikaitkan dengan peralatan yang mereka gunakan. Seorang sekretaris kini tidak hanya dituntut untuk dapat mengelola waktu dan kegiatan atasan, namun dituntut pula untuk kompeten dalam merencanakan, mengatur, mengelola sumber daya, memprioritaskan masalah, serta mengendalikan waktu dan kegiatannya. Manfaat yang diperoleh oleh para siswa dalam pendidikan sekretaris adalah agar mengetahui fungsi dan peran sekrearis dalam organisasi saat ini, dapat membuat suatu perencanaan  dan mengendalikan berbagai jenis tugas dari pimpinan, mengerti akan tehnik mengelola waktu untuk meningkatkan efektifitas kerja serta mencapai sasaran organisasi.

Selanjutnya untuk ketrampilan Tata Busana disini para siswa siswi dilatih agar memiliki kompetensi  keahlian yang menekankan pada bidang pembuatan busana dalam pengelolaan dan penyelenggaraan usaha busana serta mampu berkompetisi dalam mengembangkan sikap profesional dalam bidang busana. Tujuannya adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam pekerjaan sosial dan layanan prima kepada pelanggan. 

Kedatangan Rombongan MMKM MAN 3 Palembang  di sambut dengan tarian pencak silat Macam Putih yang dibarengi dengan pengalungan selendang khas sasak kepada seluruh personil yang ikut dalam rombongan MKKM MAN 3 Palembang. Sebelum menuju tempat penyambutan atau dibawah terop, para pengunjung disajikan jajan khas sasak seperti cerorot yang membuat pengunjung bingung cara membukanya. Sambil menikmati jajan khas sasak tersebut para pengunjung juga disuguhkan tampilan peserta didik MAN 1 Loteng yang menampilkan  atraksi-atraksi ekskul yang membuat para pengunjung terpukau serta memberikan aplause.

Sambutan pertama disampaikan oleh Kepala MAN 1 Lombok Tengah yang memperkenalkan keberadaan MAN 1 Lombok Tengah.. Sedangkan  sambutan dari rombongan pengunjung yang diwakili oleh Kabag TU Kanwil Kemenag Palembang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena tidak menyangka sama sekali akan disambut dengan penuh antusias dan begitu meriah. Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Lombok Tengah menyampaikan tentang keberadaan Kantor Kemenag Lombok Tengah dan beberapa destinasi  wisata yang ada di Lombok Tengah yang bisa dikunjungi oleh rombongan.

Setelah penyampaian beberapa sambutan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan kunjungan untuk melihat keberadaan workshop yang ada pada MAN 1 Lombok Tengah. Acara berakhir dengan santap siang bersama dengan suguhan menu khas Sasak.


Pembuat Release    :    Humas MAN 1 Lombok Tengah

Editor                    :    Hj. Diah Purnawati  ( Pengelola Website )

Disetujui                :    H. Zamroni Azis  ( Kasubag Humas ) 

 

        


174
Share :

INFORMASI LAINNYA