Salam Pramuka MTS N 2 Lombok Tengah

Sabtu, 18 Agustus 2018 20:05

Salam Pramuka MTS N 2 Lombok Tengah

MTS N 2 Loteng_Inmas, Hari  Selasa 14 Agustus 2018 adalah Hari Pramuka Nasional, tepat 57 tahun silam tepatnya 14/08/1961 Presiden Pertama Indonesia Ir.Soekarno mulai memperkenalkan satu organisasi Kepanduan yang diharapkan bisa mempersatukan Semangat Kebangsaan khususnya bagi kaum muda dalam mencapai potensi-potensi yang di miliki seperti potensi intelektual,psikologis dan potensi spritual.

Pramuka sebagai sebuah Gerakan Kepanduan merupakan organisasi non formal yang asal muasalnya datang dan tumbuh berkembang di dataran Eropa dan Amerika Serikat. Adalah Robert Stephenson Smyth alias Lord Baden Powell, lahir di Paddington,London,Britania Raya Inggris 22 Pebruari 1857 seorang tentara dan seniman yang memperkenalkan organisasi kepanduan yang sekarang kita kenal sebagai Pramuka.

Pramuka adalah organisasi non formal yang sekarang ini kita ketahui sebagai salah satu gerakan penyelenggaraan pendidikan kepanduan yang keberadaannya sudah  masuk di semua lembaga kependidikan dan lembaga pemerintah, bahkan Pramuka merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh satuan pendidikan di Indonesia.

Pramuka menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan penguatan karakter anak Indonesia. Kepala MTS N 2 Lombok Tengah H.Abd.Fatah menyatakan,Pramuka merupakan kegiatan kepanduan yang wajib diikuti oleh seluruh siswa-siswi dan menjadi roh penting dalam kurikulum K13 yang diberlakukan oleh pemerintah saat ini, bahkan karena  strategisnya Pramuka berperan dalam membumikan karakter positif terhadap anak didik. MTS N 2 Lombok Tengah mulai tahun Ajaran 2018-2019 ini mewajibkan siswa-siswi untuk ikut kegiatan kepramukaan dan bahkan seluruh guru dan staf pada setiap hari kamis harus mengenakan Pakain seragam Pramuka yang sebelumnya mewajibkan seluruh siswa-siswi untuk berpakaian Pramuka dua hari dalam seminggu yaitu hari Rabu dan Kamis.

Pembina Pramuka MTS N 2 Lombok Tengah Rahmiati, menjelaskan Pramuka adalah wadah yang sangat efektip dalam membentuk karakter anak didik menjadi siswa -siswi yang mandiri, cinta tanah air, memiliki rasa solidaritas dan empati serta berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari. Lebih lanjut Rahmiati menambahkan bahwa kegiatan kePramukaan di MTS N 2 Lombok Tengah dilaksanakan Dua kali dalam seminggu, yaitu pada hari Kamis dan Sabtu Sore.

Di setiap kegiatan-kegiatan Kepramukaan yang di selenggarakan oleh lembaga-lembaga Pemerintah maupun non pemerintah, satuan Kepramukaan MTS N 2 Lombok Tengah selalu ikut, dan sering menjadi Tuan rumah. Semoga dalam usia yang ke 57 ini Organisasi Pramuka  menjadi Garda terdepat dalam membentuk karakter anak bangsa  yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Selamat Hari Pramuka, Pramuka Perekat NKRI. Odink284   


Pembuat Release       :    Odink Najamudin

Editor                       :    Hj. Diah Purnawati  ( Pengelola Website )

Disetujui                   :    H. Zamroni Azis  ( Kasubag Humas ) 

   

119
Share :

INFORMASI LAINNYA