Kakanwil Kemenag NTB Membuka Workshop K13 KKM MIN 2 Loteng

Senin, 03 September 2018 23:37

Kakanwil Kemenag NTB Membuka Workshop K13 KKM MIN 2 Loteng

MTS N 2 Loteng _ Inmas,  Kurikulum 2013 yang mulai berlaku pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudoyono merupakan kebijakan dalam dunia pendidikan yang menitik beratkan pada empat standar, yaitu standar isi, proses, penilaian dan standar pengelolaan. Kurikulum ini merupakan penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum tingkat satuan pendidikan atau KTSP.Menteri Pendidikan saat itu Muh.Nuh yang melaunching K13 ini pada akhir Juli 2013 yang berharap akan lebih sempurnanya sistem pendidikan Indonesia yang bertujuan mempersiapkan insan Indonesia yang memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang produktif, efekif, inovatif dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Berangkat dari mulianya tujuan Kurikulum K 13 ini, Pemerintah terus mensosialisasikan serta menggelontorkan dana yang cukup besar untuk suksesnya pelaksanaan di tingkat satuan Pendidikan. Kementerian Agama  melalui seksi Pendidikan Madrasah pro aktif melaksanakan diklat atau workshop K13  di madrasah-madrasah sebagai bagian dari dukungan Kemenag terhadap kebijakan pemerintah ini.

Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Lombok Tengah bekerjasama dengan bagian Penmad pada Kemenag Lombok Tengah melaksanakan Workshop Implementasi Kurikulum K 13 di aula madrasah tersebut. Kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 3 sampai tanggal 8 September tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat Drs. H.Nasruddin,M.Pd. Tampak hadir di deretan undangan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah pada Kemenag  NTB, Kepala kantor Kemenag Loteng , Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Loteng dan Pengawas pada Kemenag Loteng.

Dalam sambutannya Nasruddin menyampaikan kebanggaannya terhadap Keluarga Besar MIN 2 Lombok Tengah yang telah melaksanakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi guru tersebut. Lebih lanjut Nasruddin menjelaskan bahwa Kurikulum K 13 yang sudah berlaku 5 tahun berjalan ini dapat di implementasikan dalam Proses Belajar Mengajar sehingga pembentukan karakter anak bisa terwujud. Kegiatan ini diikuti oleh 124 guru kelas dari perwakilan Madrasah Ibtidaiyah di kecamatan Jonggat dan Pringgarata.

Kepala MIN 2 Lombok Tengah Mahruf,M.Pd  menyampaikan terimaksih nya kepada  Kakanwil Kemenag NTB yang berkenan hadir dan membuka workshop tersebut. Mahruf menyatakan kehadiran Kakanwil Kemenag NTB merupakan support dan menjadi spirit akademik yang sangat berharga bagi Keluarga Besar KKM   MIN 2 Lombok Tengah. Salah seorang peserta Workshop Ahmad Ijazi menyatakan bahwa acara Workshop Implementasi k13 ini sangat bermanfaat bagi guru-guru, Menurutnya meskipun pemberlakuan kurikulum K13 sudah cukup lama dilaksanakan di madrasah-madrasah, tetapi banyak diantara guru yang belum sepenuhnya memahami konsep K13 ini secara utuh, Oleh karenanya kegiatan Workshop ini sangatlah bermanfaat.

Dalam Kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum K 13 ini tampil sebagai Nara Sumber adalah Pengawas Madrasah pada Kemenag Loteng H.Sohibullah,M.Pdi.Odink284     

 

Pembuat Release     :    Odink Najamudin

Editor                     :    Hj. Diah Purnawati  ( Pengelola Website )

Disetujui                 :    H. Zamroni Azis  ( Kasubag Humas ) 

 

 

238
Share :

INFORMASI LAINNYA