Karakter Hidup Bersih Dan Kewirausahaan Melalui Bank Sampah MTsN 1 Sumbawa

Selasa, 04 September 2018 09:36

Karakter Hidup Bersih Dan Kewirausahaan Melalui Bank Sampah MTsN 1 Sumbawa

Inmas-MTsN 1 Sumbawa,  Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Sumbawa mulai bulan Agustus 2018 kemarin sudah mulai mendirikan Bank yang tidak memiliki kantor resmi dan tidak memiliki rekening Bank seperti Bank yang selama ini kita kenal. Bank sampah yang dimaksud disini adalah Bank yang hanya menerima sampah  gelas plastik maupun botol plastik. Untuk mendapatkan gelas dan botol plastik tidaklah menjadi hal yang sulit karena barang seperti itu bisa didapatkan di area madrasah yang berasal dari hasil belanjaan guru dan siswa di Koperasi Amanah MTsN 1 Sumbawa.

Hasil kumpulan sampah tersebut kemudian ditabung disebuah karung yang sudah disiapkan di dalam kelas masing-masing. Memungut sampah berupa gelas dan botol plastik dilakukan secara bersama-sama wali kelas dan siswa setiap harinya. Dalam setiap harinya tiap-tiap kelas diperkirakan menabung bekas minumannya 25 sampai 30 gelas, jika dirata-ratakan tiap kelas bisa mendapatkan satu karug setiap dua bulannya. Sampah plastik berupa gelas dan botol yang sudah disusun rapi dalam sebuah karung kemudian diperiksa apakah sudah layak untuk ditimbang, jika sudah layak ditimbang maka barang tersebut ditimbang dan dibayar secara tunai. Hasil pembayaran dari tabungan plastik tersebut kemudian disimpan oleh bendahara kelas untuk dijadikan kas kelas yang sewaktu-waktu bisa dugunakan untuk kebutuhan kelas. 

Rencana selanjutnya dari sampah plastik yang sudah terkumpul dari masing-masing kelas tersebut akan  bekerja sama dengan Bank Sampah Kab. Sumbawa atau dengan Badan Penanaman Modal dan Lingkungan Hidup (BPM-LH) Kab. Sumbawa.

Bank Sampah MTsN 1 Sumbawa yang sudah dimulai bulan Juli 2018 tidak hanya untuk menghasilkan uang semata, akan tetapi lebih dari itu  yaitu melatih guru dan siswa dalam berwirausaha. “Selain itu diantara tujuan yang signifikan pendirian Bank sampah Madrasah adalah untuk melatih warga madrasah agar tertanam dalam setiap individu karakter/jiwa hidup bersih, sekaligus mengamalkan petikan Hadits “Attahuru Sathrun Minan Iman” Kebersihan adalah sebagian dari Iman “tandas Kamad Adiat.

Untuk menciptakan suasana bersih dan nyaman, MTsN 1 Sumbawa sudah menggalakkan satu siswa minimal 1 sampah yang dipungut. Dari usaha hidup bersih yang diterapkan oleh Madrasah, Pemerintah Kecamatan Sumbawa tiga tahun terakhir ini selalu memposisikan MTsN 1 Sumbawa masuk dalam juara kebersihan sekolah.

Bertempat di kantor Bupati Kab.Sumbawa pada malam Kamis, 16 Agustus 2018 Bupati Sumbawa HM. Husni Jibril, B.Sc menyerahkan secara simbolis kepada Kamad MTsN 1 Sumbawa Adiat Hasan, S.Ag Piagam Juara Pertama Kebersihan Sekolah jenjang MTs/SMP dalam rangka Peringatan HUT RI Ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 2018 .


Pembuat Release     :    Humas MTsN 1 Sumbawa

Editor                     :    Hj. Diah Purnawati  ( Pengelola Website )

Disetujui                 :    H. Zamroni Azis  ( Kasubag Humas ) 

 


39
Share :

INFORMASI LAINNYA