Pemulangan Kloter IX Tidak Utuh

Selasa, 11 September 2018 07:35

Pemulangan Kloter IX Tidak Utuh

Mataram _ Inmas,  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Nasruddin menerima pemulangan jemaah haji kloter IX yang merupakan kloter campuran asal Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Utara pada hari Senin 10 September 2018 di  Asrama Mataram Embarkasi Lombok NTB Jalan Lingkar Selatan Mataram.

Jemaah haji Kota Mataram berjumlah 120 ( seratus dua puluh ) orang, jemaah Kabupaten Lombok Barat berjumlah 131 ( seratus tiga puluh satu ) orang,  jemaah haji Kabupaten Lombok Tengah berjumlah 122 ( seratus dua puluh dua ) orang, jemaah haji Kabupaten Lombok Utara berjumlah 72 ( tujuh puluh dua ) orang 2 ( dua ) orang ikut tanazul ke Kabupaten Lombok Timur. Mereka yang memisahkan diri dari jamaah haji dan memilih melaksanakan haji secara sendiri dikenal dengan istilah tanazul. Istilah ini cukup populer dikalangan jamaah haji yang betul-betul memahami syariat manasik haji dan ingin melaksanakan haji sesuai dengan tata cara manasik haji Rasulullah SAW. Jika mereka tetap bertahan di rombongan haji mereka, khawatir ada beberapa sunnah yang akan terlewatkan.

Penerimaan pemulangan jemaah haji kloter IX di hadiri Kepala Bagian Tata Usaha H. Sirojudin, Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam H. Jalalussyayuthi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram di wakili Kepala Seksi PHU Hj. Ratna Mufida, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat H. Jaelani, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah Haryadi Iskandar, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara H. Muhsin serta Kasi-kasi PHU pada Kanwil Kemenag Provinsi NTB.

Jemaah haji ke empat Kabupaten/Kota tersebut diserahkan kembali kepada Kabupaten/Kota masing-masing untuk dipulangkan ke kampung halaman masing-masing , sedangkan untuk jemaah haji yang sakit masih di rawat di Arab Saudi 2 ( dua ) orang atas nama : 1. Siti Raodah asal Narmada Kabupaten Lombok Barat, 2. Baiq Mu’minah asal Gerung Kabupaten Lombok Barat.

Kata sambutan yang disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Nasruddin dalam penerimaan kedatangan jemaah haji tersebut   bahwa jemaah kloter IX mendapatkan predikat haji mabrur, dan atas nama pemerintah Nusa Tenggara Barat merasa bangga atas pemulangan jemaah haji yang telah tiba dengan selamat  di tanah air.

Selanjutnya H. Nasruddin juga mengucapkan terima kasih kepada para jemaah haji yang telah menunjukkan kedisiplinan selama melaksanakan ibadah haji sehingga  pemerintah Arab Saudi memberikan apresiasinya kepada para jemaah haji Indonesia. Dalam kesempatan tersebut H. Nasruddin mengajak kepada para jemaah haji juga para pejabat yang hadir dalam pemulangan kloter IX hari itu untuk mendoakan dua orang jemaah haji yang masih dirawat di rumah sakit   Arab Saudi agar segera sembuh sehingga dapat segera dipulangkan ke tanah air.

H. Nasruddin berharap setelah menyandang predikat haji mabrur maka dapat menambah jumlah haji di Nusa Tenggara Barat , selain itu bagi jemaah haji itu sendiri dapat menambah ketaqwaan kepada Allah SWT dan menunjukkan sikap yang dapat dijadikan sebagai panutan di tengah-tengah masyarakat.

Lebih lanjut sebelum mengakhiri sambutannya H. Nasrudin mengatakan bahwa  selama satu bulan sebelumnya Lombok khususnya NTB pada umumnya mendapat ujian dan cobaan dari Allah SWT berupa musibah gempa bumi yang telah meluluh lantakkan sebagian besar bangunan serta merenggut begitu banyak korban meninggal dan luka-luka. Kaitan hal tersebut H. Nasrudin  berharap kepada para jemaah haji untuk mendoakan agar dengan adanya musibah gempa bumi ini masyarakat NTB secara keseluruhan diberikan ketabahan dan kesabaran oleh Allah SWT untuk bangkit kembali dan tidak berlarut dalam duka pasca gempa khususnya pulau Lombok NTB .Mhd….

 

Pembuat Release     :    Muhamad

Editor                     :    Hj. Diah Purnawati  ( Pengelola Website )

Disetujui                 :    H. Zamroni Azis  ( Kasubag Humas ) 

 

 

 

 


159
Share :

INFORMASI LAINNYA