H.Sirajudin, Guru Adalah Faktor Penentu Keberhasilan PBM

Selasa, 11 September 2018 23:04

H.Sirajudin, Guru Adalah Faktor Penentu Keberhasilan PBM

MTS N 2 Loteng _ Inmas ,  Pelaksanaan Kurtilas atau Kurikulum K 13 pada satuan Pendidikan di semua tingkatan MI, MTS dan MA adalah buah dari kajian mendalam para pemangku kebijakan yang di dalamnya ada pakar pendidikan, pemerhati dan pengamat pendidikan, serta elemen lainnya. Filosofi dan tujuan akhir dari pemberlakuan Kurikulum K 13 ini tidak lepas dari tujuan dan semangat Pendidikan Nasional yaitu menciptakan masyarakat Indonesia yang pintar, cerdas dan bermartabat.

Balai Diklat Keagamaan  merupakan  salah satu lembaga yang di amanahkan Pemerintah untuk menyelenggarakan  pendidikan dan pelatihan terus berbenah dan aktif mensosialisasikan keberadaan Kurikulum K13 tersebut. Bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama dan MTsN 2 Lombok Tengah , Balai Diklat Keagamaan Denpasar menyelenggarakan Diklat atau Kegiatan yang bertajuk Diklat SubtantiF Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP). Acara ini dilaksanakan selama enam hari yaitu dari tanggal 10 September sampai dengan 15 September 2018 bertempat di Aula MTsN 2 Lombok Tengah

Kegiatan Penyusunan RPP ini diikuti oleh perwakilan dari 20 Madrasah di lingkup KKM MTsN 2 Lombok Tengah. Menurut Kepala MTsN 2 Lombok Tengah H. Abd.Fatah M.Pd, bahwa Diklat ini dilaksanakan untuk  menambah wawasan dan pemahaman para Guru terkait dengan berlakunya K 13 di semua Madrasah lingkup Kemenag Wilayah Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini dibuka oleh Kabag TU pada Kantor Wilayah Kemenag Provinsi NTB yang mewakili Kakanwil Kemenag Prov.NTB karena  dalam waktu yang bersamaan mengikuti kegiatan di tempat lain.

Kepala Bagian Tata Usaha dalam sambutannya menekankan pentingnya sumber daya manusia yang mumpuni dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah. Kabag TU meyakini dengan sumber daya yang handal tersebut, maka suatu Madrasah akan dapat menghasilkan out put yang baik pula. Dalam Konteks pembelajaran,  Sirajudin mengulas habis peran seorang Guru yang sangat strategis dalam mencerdaskan anak bangsa. Guru merupakan Garda Terdepan dan faktor yang sangat menentukan berhasil tidaknya suatu lembaga pendidikan dalam mencetak siswa-siswi untuk menjadi orang yang hebat, demikian tegasnya.

Pembukaan  Diklat ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah, Kepala Balai Diklat Keagamaan Denpasar, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kemenag Loteng, Ketua Pokjawas serta seluruh peserta Diklat yang berjumlah 40 orang guru. Sementara itu Abd.Rahman yang merupakan salah seorang peserta dari Praya Barat Daya menyatakan bahwa kegiatan Diklat ini sangat bermanfat bagi guru-guru Madrasah. Abd.Rahman sangat berterima kasih kepada Panitia dari KKM MTsN 2 Loteng yang sudah mengutusnya  untuk mengikuti  kegiatan Diklat tersebut.  Odink284

 

 

Pembuat Release     :    Odink Najamudin

Editor                     :    Hj. Diah Purnawati  ( Pengelola Website )

Disetujui                 :    H. Zamroni Azis  ( Kasubag Humas ) 

 


218
Share :

INFORMASI LAINNYA

Pemilihan OSIM Ala PILKADA
Jumat, 24 Agustus 2018 09:59
Rekapitulasi Profile Pekerjaan Tahun 2006
Rabu, 12 Desember 2007 12:00