Puskesmas Selaparang Beri Tablet Tambah Darah Bagi Siswi MTsN 2 Mataram

Senin, 17 September 2018 08:37

Puskesmas Selaparang Beri Tablet Tambah Darah Bagi Siswi MTsN 2 Mataram

Inmas_mtsn2mataram,  Puluhan siswi putri MTsN 2 Mataram  secara bersama-sama meminum Tablet Tambah Darah (TTD) usai pelaksanaan Imtaq pada Jum'at (14/9/2018). TTD yang mengandung 200 mg zat besi dalam bentuk Ferro Sulfat/Ferro Fumarat atau Ferro Glukonat dan 0,25 mg Asam Folat diberikan oleh pihak Puskesmas Selaparang Kota Mataram sekaligus melaksanakan sosialisasi akan pentingnya manfaat TTD untuk kesehatan bagi remaja putri sebagai calon ibu.

“Anak-anak sejak dini harus mulai diajak mengerti, mengetahui cara minum obat dan makan sehat. Ketika menikah dan menjadi ibu, mereka telah memahami agar tidak terjadu stunting atau kerdil terhadap bayi yang dilahirkan,” jelas Umdillah salah satu Petugas Puskesmas Selaparang saat memberikan sosiasliasi di hadapan para siswi.

Dikatakan remaja putri sangat membutuhkan zat besi dan asam folat untuk mencegah anemia yang disebabkan karena kurangnya asupan makanan yang seimbang. Ini merupakan persiapan untuk remaja putri karena nantinya akan mengalami hamil dan melahirkan.

Upaya memberikan tablet zat besi ke sekolah-sekolah untuk remaja putri ini dilakukan untuk meminimalisiasi perempuan muda mengalami anemia. Remaja putri yang anemia kemudian hamil berpotensi akan melahirkan bayi dengan tubuh pendek (stunting) atau berat badan lahir rendah (BBLR).

Ketika remaja putri ini hamil, kecukupan gizi janin di ibu yang darah rendah tersebut mengalami kurangnya supply oksigen, makanan ke janin, dan menyebabkan bayi yang kemudian lahir mengalami stunting dan BBLR.

Oleh sebab itu,  untuk menghindari terjadinya hal tersebut maka diberikanlah Tablet Tambah Darah (TTD) kepada remaja putri ke sekolah–sekolah yang berada di wilayah kerja Puskesmas Selaparang Kota Mataram untuk menghindari penyakit anemia. Sasarannya adalah seluruh remaja putri ( rematri ) usia 12 – 18 th dan WUS / Wanita Usia Subur.

Dosis yang diberikan adalah setiap orang mendapat 1 butir/ minggu selama 8 bulan dan dipantau setiap sebulan sekali oleh Petugas Puskesmas. Saat libur sekolah TTD diberikan sebelum libur sekolah.

Sementara Kepala MTsN 2 Mataram Drs. H. Marzuki, M.Pd mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasinya terhadap program yang dicanangkan oleh pihak Puskesmas Selaparang Kota Mataram kepada siswi-siswi dengan pemberian TTD. "Kegiatan ini tentunya untuk mendukung implementasi dari peraturan Menteri Kesehatan Nomor 88 tahun 2014 tentang standar tablet tambah darah bagi wanita usia subur dan ibu hamil", ucapnya. (Lan)

Pembuat Release     :    L a n

Editor                      :    Hj. Diah Purnawati  ( Pengelola Website )

Disetujui                 :    H. Zamroni Azis  ( Kasubag Humas )  



125
Share :

INFORMASI LAINNYA