Khidmat,Gema Muharram Madrasah Terpadu MIN 2, MTsN 2, Dan MAN 2 Loteng

Kamis, 20 September 2018 15:30

Khidmat,Gema Muharram Madrasah Terpadu MIN 2, MTsN 2, Dan MAN 2 Loteng

MTs N 2 Loteng _ Inmas,  Perayaan Hari ‘Asyura atau Hari ke Sepuluh di Bulan Muharram yang jatuh pada hari Kamis, 20 September 2018 Masehi diperingati sebagai hari yang istimewa oleh segenap kaum muslim di belahan dunia manapun. Di Indonesia hari yang sebagian kaum muslim ini disebut sebagai hari kasih sayang, yaitu hari dimana orang-orang berlomba-lomba menunaikan kebaikan, menebar kasih sayang kepada sesama, keluarga, anak yatim/piatu.

Madrasah Terpadu MIN 2, MTsN 2, Dan MAN 2 Lombok Tengah seperti lembaga pendidikan lainnya pada hari Kamis,10 Muharram 1440 H, berkumpul di halaman depan MTsN 2 Lombok Tengah menggelar acara dzikiran, pengajian, do’a dan santunan kepada anak yatim. Acara yang merupakan kegiatan tahunan ini diikuti oleh seluruh civitas MIN 2, MTsN 2, Dan MAN 2 Lombok Tengah. Hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah, Ketua Komite Terpadu dan beberapa undangan dari Tokoh Masyarakat. Acara di awali dengan tampilan Grup Marawis MIN 2 Lombok Tengah yang sekaligus mengundang decak kagum para tamu undangan.

Ketua Komite Terpadu MIN 2, MTsN 2, Dan MAN 2 Lombok Tengah TGH.Irfan Khalil dalam tausyiahnya menguraikan pentingnya segenap masyarakat muslim memahami keistimewaan hari Asyura atau 10 Muharram. Menurutnya tanggal 10 Muharam adalah hari yang sangat istimewa dalam tonggak sejarah kenabian. Banyak peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah peradaban manusia/kenabian terjadi pada tanggal 10 Muharram, seperti taubatnya Nabi Adam setelah Allah mengeluarkannya dari syurga, kemudian tanggal 10 Muharram juga dalam sejarah perjalanan Nabi Nuh merupakan tanggal dimana setelah berlayar lama dari banjir bah yang diturunkan Allah SWT, lalu kapal Nabi Nuh berhasil berlabuh di Bukit Zuhdi.

Selanjutnya TGH. Irfan Khalil juga menjelaskan bahwa berpuasa di tanggal 10 Muharram faedahnya sama dengan berpuasa selama satu tahun, sehingga TGH.Irfan Khalil mengajak semua hadirin untuk mengisi 10 Muharram dengan hal-hal kebajikan. Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Lombok Tengah H.Haryadi Iskandar dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya kepada Keluarga Besar Tiga Madrasah Terpadu yang dapat melaksanakan peringatan 10 Muharram ini dengan khidmat dan meriah. Pada kesempatan yang sama Kakankemenag juga menyerahkan santunan kepada 58 orang anak yatim dari MTsN 2 dan 22 orang dari MIN 2 Lombok Tengah.

Kepala MTsN 2 Lombok Tengah H.Abd.Fatah,M.Pd  menjelaskan bahwa kegiatan 10 Muharram yang di pusatkan di halaman depan Madrasah ini merupakan agenda tahunan yang di harapkan spiritnya dapat tertularkan kepada seluruh civitas Tiga Madrasah yaitu Semangat Berbagi Kepada Sesama , khususnya berbagi kebahagiaan kepada anak yatim/piatu.

Sementara itu Kepala MIN 2 Loteng Mahruf,M.Pd  berharap perayaan bersama 10 Muharram ini bisa menjadi Jembatan penghubung untuk berhijrah dari keterpurukan iman dan sosial. Berdasarkan pantauan Tim Humas MTsN 2 Loteng, bahwa kegiatan yang diikuti seribuan orang ini menjadi tontonan gratis masyarakat sekitar.Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini terus dilaksanakan untuk menghibur dan memperkuat iman kami, demikian harapan dari  Ahum, yang merupakan salah satu masyarakat yang khusuk mengikuti acara ini sejak awal. Odink284  


Pembuat Release     :    Odink Najamudin

Editor                     :    Hj. Diah Purnawati  ( Pengelola Website )

Disetujui                 :    H. Zamroni Azis  ( Kasubag Humas )  



93
Share :

INFORMASI LAINNYA