Lomba Karya Ilmiah Nasional NTB Jura Tiga

Rabu, 26 September 2018 18:03

 Lomba Karya Ilmiah Nasional NTB Jura Tiga

Bengkulu Inmas_ Nusa Tenggara Barat memperoleh juara ketiga dalam ajang lomba karya tulis ilmiah bidang keagamaan (myres) pada kompetisi sains madrasah nasional 2018 di provinsi Bengkulu. Kedua peserta beregu ini adalah siswi Madrasah Aliyah 1 Lombok timur yang bernama Wajizatul amnia dan alfiana ayuan sari. Adapun judul karya tulis ini adalah etika berbisnis masyarakat suku sasak.

 

Wajizatul amnia sebagai ketua peneliti mengatakan merasa bangga dengan prestasi ini, kami persembahkan untuk madrasah dan membwa NTB pada umumnya  dan ucapan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung penelitiannya, kedua siswi ini juga menceritakan beberapa dasar memilih karya ilmiah keagamaan.

 

Latar belakang kedua siswa kelas XI pada MAN 1 Lotim ini mengambil penelitian  karya tulis ilmiah ini adalah berawal dari pengakuan seorang pembeli yang merasa pernah ditipu oleh seorang penjual di pasar tradisional pancor Lombok timur, lalu kemudian keduanya berpikir mungkinkah orang sasak yang merupakan pemeluk agama islam melakukan penipun  dalam berbisnis.

 

Dari  hasil penelitin yang di peroleh dia menemukan bahwa masyarakat sasak yang melakukan jul beli di pasar khususnya Lombok timur menerpkan etika bisnis yang dijarkan oleh islam dengn indicator kejujuran keadilan,kehendak bebas,tanggung jawab dan kesopanan. Penelitian ini dilakukan Selama enam bulan semenjak bulan maret hingga agustus 2018.

 

Awalnya kami bersing dengan 660 peserta seindonesia,kemudian dari 660 itu dimbil 15 besar yang dapat undangan dari kementerian agama di bogor untuk diberikn bimbingn selama satu minggu dan dari 15 besar ini disaring lagi menjadi 6 besar dan enam besar inilah yang di undang ke Bengkulu untuk mencari yang terbik dan alhamdulillah NTB masuk peringkat 3 besar nasional.

 

Adapun bonus yang di berikan kementerin gama kepada kedua peneliti muda ini adalah uang pembinaan empat juta rupiah dan geratis masuk Universitas negeri Surabaya melalui jalur prestsi,

 

Bohari muslim selaku guru pendamping siswa menyatakan “sungguh bangga dan terharu karena proses untuk mendapatkan juara ini diperoleh dengan cukup Panjang,bahkan tidak pernah ada libur selama penelitian ini berlangsung, pagi siang malam kami siapkan untuk bisa tampil di kancah nasionl,”ungkapnya

 

 

Sementar itu kepala bidang madrasah kantor wilayah kementerian agama NTB Hj, Eka Muftatiah  menyatakan kebanggaanya pada kedua siswi MAN 1 lombok timur yang meraih juara tiga pada lomba Kir Mytres tingkat nasional  di Bengkulu, meraih jura tiga ini tambah hj eka  tidak mudah karena harus bersaing dengan 600an proposal karya ilmiah, sekali lagi kami ucapkan selamat dan sukses kepada siswi yang menjadi duta NTB pada lomba rersebut, Terima kasih juga kami ucapkn kepada guru pembina yang sudah mendampingi siswinya sampai tingkat nasional, semoga prestasi ini menjadi virus positif atau motifasi kepada siswa siswi yang lainnya yang tersebar di bumi nusa tenggara barat. ml

290
Share :

INFORMASI LAINNYA