Khidmat,Peringatan Hari Kesaktian Pancasila MTS N 2 Loteng

Senin, 01 Oktober 2018 23:42

Khidmat,Peringatan Hari Kesaktian Pancasila MTS N 2 Loteng

MTSN 2 Loteng _ Inmas,  Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tanggal Satu Oktober, hari Senin dirayakan di seantero Tanah Air. Puncak peringatannya dilaksanakan dengan kegiatan Upacara Bendera. Keluarga Besar MTsN 2 Lombok Tengah sebagaimana tahun-tahun sebelumnya melaksanakan peringatan tersebut dengan kegiatan inti yaitu, doa bersama dan upacara bendera.

Bertempat di lapangan madrasah seluruh civitas seperti Dewan Guru, Staf Tata Usaha, Siswa-siswi dan Komite tampak hadir mengikuti upacara yang dirangkai dengan Parade Puisi untuk para pahlawan. Bertindak sebagai pembina upacara Kepala MTsN 2 Lombok Tengah H.Abd.Fatah,M.Pd. Dalam amanatnya, Abd.Fatah menyampaikan "Bahaya Faham Komunis Dalam Tatanan Kebangsaan Indonesia". Kepala madrasah menceritakan peristiwa pahit yang di alami bangsa Indonesia pada era 1948 sampai 1965 yaitu Peristiwa Pemberontakan PKI di Madiun yang di pimpin Muso dan Gerakan 30 September 1965 yang membunuh dengan sadis para Jenderal putra terbaik Indonesia saat itu. Dengan mengetahui sejarah diharapkan kedepan para siswa  yang notabene  sebagai Generasi Emas Bangsa dapat mengambil hikmah dari peristiwa tersebut.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang sekaligus merupakan Upacara Paripurna awal bulan ini merupakan rangkaian dari kegiatan mingguan. Menurut Wakil Kepala Madrasah Bagian Kesiswaan Mahsun,MM, bahwa upacara setiap hari Senin adalah agenda madrasah yang harus diikuti oleh seluruh civitas MTsN 2 Loteng, dimana setiap minggu petugasnya bergilir dari kelas Tujuh sampai kelas Sembilan. Pantauan Tim Humas MTsN 2 Lombok Tengah bahwa pelaksanaan peringatan hari Kesaktian Pancasila sangat khidmat. Seluruh peserta upacara mengikuti dengan sangat antusias. Para santri yang mengenakan pakaian putih-putih lengkap dengan balutan jas kebanggaan  terlihat sangat gagah dan berwibawa. Mereka mengikuti seluruh rangkaian acara sampai tuntas dengan penuh khidmat dan sesekali nampak para santri meneteskan air mata ketika Pembina upacara menceritakan detik-detik terjadinya Gerakan 30 September 1965.

Maria Zulfa,SH, salah seorang Guru Kewarganegaraan kepada Tim Humas MTsN 2 Lombok Tengah menjelaskan hikmah dari Peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah tertanamnya semangat nasionalis atau gerakan cinta tanah air dan diharapkan seluruh masyarakat Indonesia antipati terhadap adanya faham-faham yang ingin merongrong ideologi Pancasila. Maria menambahkan bahwa setiap faham yang nyata-nyata ingin mengganti ideologi Pancasila sebagai komponen bangsa harus dilawan, karena kesepakatan para pendiri bangsa ini Pancasila adalah satu-satunya ideologi yang digali dari kepribadian bangsa Indonesia yang harus dijaga keutuhannya. Semoga tunas-tunas bangsa ini senantiasa dapat memupuk semangat Cinta Tanah Air. Odink284 


Pembuat Release     :    Odink Najamuddin

Editor                     :    Hj. Diah Purnawati  ( Pengelola Website )

Disetujui                 :    H. Zamroni Azis  ( Kasubag Humas )  

259
Share :

INFORMASI LAINNYA