Diklat Di Wilayah Kerja Untuk Meningkatkan Sumber Daya Pendidik

Selasa, 02 Oktober 2018 10:01

Diklat Di Wilayah Kerja Untuk Meningkatkan Sumber Daya Pendidik

Mataram _ Inmas,  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Nasruddin di dampingi Kepala Bagian Tata Usaha H. Sirojudin membuka kegiatan Diklat Teknis Sustantif Publikasi Ilmiah bagi-guru angkatan XI di wilayah kerja Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat yang diadakan Balai Diklat Kementerian Agama Pusat.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Utama Kantor Wilayah Kemenag Provinsi NTB Senin (01/10) Peserta terdiri dari guru MI, MTs , dan MA berjumlan 40 ( empat puluh ) orang. Kegiatan berlangsung selama 6 (enam ) hari sejak tanggal 1 sampai dengan 6 Oktober 2018

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Nasruddin membuka secara resmi sekaligus menyampaikan materi kegiatan Diklat Teknis Substantif Publikasi Ilmiah. H. Nasruddin berharap kepada peserta agar mengikuti kegiatan ini secara sungguh-sungguh dan menyimak dengan seksama apa yang akan disampaikan oleh para narasumber yang berpengalaman dari Balai Diklat Pusat sehingga  betul-betul dapat mendalami materi dan dipedomani untuk persyaratan kenaikan pangkat ke jenjang yang lebih tinggi.

H. Nasruddin memaparkan terkait dengan agama bahwa agama kedudukannya  sangat penting sebagai landasan spiritual moral etika dan kehidupan umat manusia. Negara kita berdasarkan Pancasila, Sila Pertama ke Tuhanan Yang Maha Esa, dimana agama memiliki peran yang sangat strategis dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Di dunia Indonesia merupakan satu-satunya negara yang memiliki Kementerian Agama yang mengurus bidang agama, dan hal ini  harus disyukuri.

Di Indonesia seluruh masyarakat memiliki agama untuk pengawal pembangunan di segala bidang, agama mempunyai sistim nilai untuk di mengerti , di fahami oleh orang tua, guru untuk meletakan dasar-dasar agama, etika dan moral pada pendidikan dasar. H. Naruddin berharap guru sebagaimana tugas dan fungsinya agar meningkatkan kemampuan menjadi guru yang baik yang memberikan ilmu-ilmu agama pada anak didik untuk menciptakan budi pekerti luhur, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar  sejahtera lahir dan batin.

Kementerian Agama memfasilitasi masyarakat untuk membangun ramah ibadah. Pemerintah menjamin perlindungan beragama dan mendorong para guru agar memberikan ilmu etika serta moral, kerukunan umat beragama menangkal dampak negatif seperti narkotika. Di dalam kehidupan beragama tidak mengecam filsafat Pancasila, mengembangakan siaran agama melalui media masa, media cetak dan elektronik dan meluruskan kode etik serta mendorong pula kajian-kajian keagamaan  membangun lembaga sosial untuk melayani kaum berkebutuhan khusus, dan meningkatkan pelayanan ibadah haji.

Sebelumnya laporan Ketua Panitia Diklat Teknis Substantif Publikasi Ilmiah Wawan menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya. Dalam Diklat Di Tempat Kerja ini para peserta diwajibkan membuat karya tulis ilmiah satu bulan ke depan untuk di seminarkan guna mencari instrumen untuk persyaratan naik pangkat.Mhd….


Pembuat Release     :    Muhamad

Editor                     :    Hj. Diah Purnawati  ( Pengelola Website )

Disetujui                 :    H. Zamroni Azis  ( Kasubag Humas )  

 

 

 

 

299
Share :

INFORMASI LAINNYA