Rapat Persiapan Pemulihan Rehabilitasi Paska Gempa Di NTB.

Jumat, 23 November 2018 14:45

Rapat Persiapan Pemulihan Rehabilitasi Paska Gempa Di NTB.

Mataram_Inmas,  Rapat persiapan dengan Pusdiklat Kementerian Agama Pusat terkait  kegiatan Lokakarya Pemulihan Destinasi Wisata Halal Pasca gempa di NTB berlangsung pada hari Jum’at tanggal 23/11/2018 di ruang Kanwil Kemenag NTB yang dihadiri oleh  Kabag Tata Usaha H. Sirojudin, Kabid Pakis H. Jalalussyayuthi, Kabid PHU H.M. Ali Fikri, Pembimas Syariah H.M. Ali Fikri, Kasubag FKUB H. Suardi. Kegiatan Lokakarya ini di adakan oleh Pusdikalat Kementerian Agama Pusat dan Kanwil Kemenag NTB disini hanya memfasilitasi kegiatan tersebut.

Perwakilan Pusdiklat Pusat yang di tunjuk oleh Kepala Pusdiklat Bimas Agama dan Layanan Keagamaan yaitu  Atika yang menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk mensukseskan pembangunan dan pengembangan di Kementerian Agama guna melakukan koordinasi ke Kanwil Kemenag Provinsi NTB terkait dengan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu Lokakarya Pemulihan Destinasi Wisata Halal pasca gempa di NTB. Kegiatan ini dilaksanakan atas Instruksi Presiden No. 5 Tahun 2018 tentang rekontruksi dan rehabilitasi pasca bencana gempa di kab. Lobar, KLU dan beberapa kabupaten lainnya khususnya di NTB.  Dalam Instruksi Presiden dan Menteri Agama disebutkan bahwa Menteri Agama harus terlibat dalam rangka rekontruksi pemulihan pasca gempa di NTB, Selain itu Pusdiklat juga mendapat Surat Edaran  dari Kepala Badan Litbang Pusat untuk melakukan kegiatan di substansi masing-masing.

Selanjutnya Atika mengatakan bahwa Pusdiklat Agama salah satu tugasnya adalah melakukan penelitian dan pengembangan yang sebenarnya Pusdiklat ini terkait dengan Bidang Haji dan Produk Halal dimana awalnya yang diadakan oleh Pusdiklat ini yang terkait dengan auditor halal tetapi karena ouditor telah dilaksanakan oleh BPJPH / Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal  maka sesuai dengan adanya Instruksi Presiden dilakukan diskusi untuk melaksanakan perintah Presiden tersebut dengan melakukan  penyusunan rencana dengan  tema “ Lokakarya Pemulihan Rehabilitasi Pasca Gempa Di NTB “.

Kegiatan Lokakarya tersebut selanjutnya mengundang beberapa narasumber yang ingin mendapatkan informasi terkait dengan wisata halal yang ada di NTB karena NTB sudah menjadi distinasi wisata halal dunia. Atika juga mengatakan  memilih NTB karena ingin memperoleh masukan dan wawasan tentang pengembangan wisata halal kedepan dimana nantinya oleh Pusdiklat Pusat akan disampaikam kepada  Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal ( BPJPH ).

Pusdiklat Pusat akan menyampaikan ke BPJPH untuk lebih mengembangkan bentuk wisata halal yang sudah terbangun di NTB, dimana hasil pemikiran dan rumusannya nanti akan disampaikan ke pimpinan pusat. Menurut perwakilan Pusdiklat Pusat akan mengundang Menteri Agama untuk membuka kegiatan  Lokakarya ini yang direncanakan  berlangsung selama 3 ( tiga ) hari terhitung mulai tanggal 5 sampai dengan 7 Desember 2018 yang akan datang. Adapun tempat pelaksanaannya akan ditentukan kemudian tandas  Atika pada saat pelaksanaan rapat.

Sementara itu menurut Udin dari Pusdiklat Pusat yang akan  menjadi narasumber utama pada kegiatan lokakarya tentang produk halal ini adalah DR. TGH. Muhammad Zainul Majdi, sedangkan untuk peserta sejumlah 80 ( Delapan Puluh ) orang terdiri dari para pengusaha perhotelan, dari UIN Mataram , dari Kantor Kemenag se Pulau Lombok dan dari Kanwil Kemenag NTB..Mhd……

 

Pembuat Release    :    M u h a m a d

Editor                    :    Hj. Diah Purnawati  ( Pengelola Website )

Disetujui                :    H. Zamroni Azis  ( Kasubag Humas )   

 

 

 

90
Share :

INFORMASI LAINNYA