Menjaga Diri Dari Pergaulan Bebas.

Jumat, 11 Januari 2019 08:29

Menjaga Diri Dari Pergaulan Bebas.

 

Inmas MAN 1 Sumbawa_Kegiatan Imtaq pagi hari ini diawali dengan Sholawat serta pembacaan ayat ayat pendek dan Dakwah Islamiyah disampaikan oleh Siti Shohibah kelas X IA 1 dengan judul Menjaga diri dari pergaulan bebas”

Alhamdulilah, puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang tiada henti – hentinya mencurahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita bisa berkumpul di pagi hari yang cerah ini dalam keadaan sehat walafiat.

Tidak lupa shalawat serta salam juga senantiasa kita sanjungkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW yang telah menyelamatkan kita dari jurang kebodohan ke dalam Agama Islam yang penuh akan cahaya kemenangan. Semoga kita semua dapat dipersatukan oleh beliau di dalam surganya kelak, amin.

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan sebuah ceramah singkat yang berjudul menjaga diri dari pergaulan bebas.

Semoga apa yang akan saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Pergaulan saat ini sudah sangat memprihatinkan dan jauh dari nilai – nilai agama dan sosial yang ada di dalam masyarakat. Kini para remaja telah terjerembab ke dalam pergaulan bebas, seperti narkoba, minum-minuman keras, seks bebas, dan lain sebagainya.

Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah[434], adalah Termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

Akibatnya, banyak para remaja yang kehilangan masa depannya. Contohnya adalah narkoba, Para remaja yang telah terjerumus dengan narkoba akan menjadi candu dan merusak otak mereka. Akibatnya mereka manjadi lemah bahkan menuju kematian.

Ada beberapa faktor yang mendorong terjadinya pergaulan bebas dalam masyarakat, diantaranya adalah: Tidak harmonisnya keluarga, kurangnya perhatian dari orang tua, buruknya lingkungan, dan salah dalam memilih teman.

Keluarga sangat mempengaruhi perkembangan psikis remaja yang akan membentuk sikap dan perilaku seseorang. Apabila keadaan suatu keluarga tidak harmonis, maka perkembangan psikis seseorang akan terganggu. Akibatnya, mereka akan menjadi seseorang yang kurang akan kasih sayang, cenderung keras dan tertutup sehingga mereka akan mencari kasih sayang di luar keluarga.

Kurangnya perhatian orang tua juga memberikan dampak yang buruk bagi perkambangan seorang anak. Orang tua yang tidak memiliki waktu dan selalu sibuk pekerjaannya tidak bisa mengontrol dan memperhatikan kegiatan anak – anaknya.


Akibatnya mereka tidak mengetahui apakah anaknya melakukan perbuatan buruk atau baik, sehingga seorang anak merasa bebas. Oleh karena itu, perlunya perhatian orang tua dan pendidikan tentang pergaulan bebas di dalam keluarga agar mereka tidak salah dalam memahami tentang pergaulan dari tempat yang salah.dan semoga keluarga kita terhindar dari yang tidak baik

Selain keluarga, lingkungan tempat tinggal juga ikut mempengaruhi timbulnya pergaulan bebas. Apabila keadaan di dalam keluarga telah baik, tetapi lingkungan sekitar buruk, maka seseorang tetap akan terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Hal ini dikarenakan, tingkat interaksi di dalam lingkungan memegang porsi yang lebih banyak karena di sana kita akan menemukan puluhan orang – orang yang berbeda.

Salah dalam memilih teman juga dapat menyebabkan kita terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Meskipun berteman adalah hal yang wajar, tetapi kita harus tetap berhati-hati. Teman dapat membawa pengaruh kepada kita. Mereka bisa membawa dampak baik dan juga dapat menjerumuskan kita ke dalam hal-hal yang negative. Oleh karena itu, dalam memilih teman, kita tidak boleh asal-asalan maka dari itu kita harus memilih teman yang benar-benar baik supaya kita semua tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

Oleh karena itu, untuk mengindari pergaulan bebas kita harus mencegah faktor – faktor di tersebut. Selain itu, kita juga harus mendekatkan diri kepada Allah SWT agar kita selalu ingat dan tidak melakukan perbuatan yang tidak baik. Dan semoga madrasah kita selelu terhindar dari apa yang bukan menjadi harapan Bapak ibu Guru kita….Aamiin

Dan akhir kata saya berpesan mari bersama sama  menjaga diri kita agar menjauhkan diri dari pergaulan bebas. 

Arahan Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa Drs.Fathurrahman menyampaikan terima kasih kepada petugas yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik , dan untuk petugas imtaq jum'at depan agar mempersiapkan diri serta latihan agar pelaksanaan Imtaq lebih baik dari hari ini___(joko)

19
Share :

INFORMASI LAINNYA