Peran Rohaniawan Dibutuhkan Dalam Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah

Jumat, 11 Januari 2019 09:29

Peran Rohaniawan Dibutuhkan Dalam Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah

Sumpah yang diucapkan merupakan serangkaian kalimat yang dilafalkan seseorang yang akan mengemban tugas

 

Mataram INMAS,_Rohaniawan adalah orang yang mementingkan kehidupan kerohanian daripada yang lain atau orang yang ahli dalam hal kerohanian, karena dalam menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat, tentunya Rohaniwan ini harus dapat melayani dengan sepenuh hati, begitu pula sebagai rohaniwan dituntut kesiapan diri dalam menjalankan tugas terutama sebagai ASN Kementerian Agama.

 

Seperti Rohaniwan Islam, Hindu dan Buda Kanwil Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat ini dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan yang dilaksanakan Fakultas Ilmu Kesehatan UNW Mataram dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Ahli Madya Keperawatan dan Ahli Madya Kebidanan kemarin (Kamis, 10-1-2019), karena dalam setiap pelantikan pejabat negara, selalu dilaksanakan pengambilan sumpah yang pelaksanaannya wajib didampingi oleh rohaniawan.

 

Rohaniawan bertugas mendampingi dan memegang kitab suci berdasarkan kepercayaan pejabat yang dilantik. Selain pelantikan pejabat, Rohaniawan juga hadir dalam proses pengambilan sumpah Aparatur Sipil Negara (ASN) atau yang dulu dikenal sebagai Pegawai Negeri Sipil PNS. Pelaksanaan sumpah ini didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor  21 Tahun 1975 Tentang Sumpah atau Janji Pegawai Negeri Sipil (PNS).

 

Pernyataan tersebut disampaikan salah satu Rohaniwan Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB Dewa Mertayasa setelah melaksanakan tugas sebagai Rohaniawan pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan di Fakultas Kesehatan UNW Mataram. “Sumpah yang diucapkan merupakan serangkaian kalimat yang dilafalkan seseorang yang akan mengemban tugas, Sumpah jabatan ini merupakan janji setia untuk tidak melakukan penyimpangan dalam melaksanakan tugas yang diemban,” terang Dewa Mertayasa.

 

Lanjut pria yang menjabat sebagai Kasi Pendidikan Agama Hindu di Bimas Hindu Kanwil Kemenag Provinsi NTB ini mengatakan, apabila seseorang yang telah mengucapkan sumpah dan dapat mengimplementasikan dalam masa mengemban tugas sebagai amanah dalam jabatanya, sangatlah ideal untuk menjadi seorang pejabat, di harapkan setelah melafalkan Sumpahnya akan dapat membawa amanah yang diberikan kepadanya berjalan dengan baik dan bersih, “Semoga yang telah di ambil sumpahnya dapat menjalankan tugas dengan semangat kerja  dan penuh tanggung jawab dengan baik dan bersih,” harap Dewa Mertayasa. (miq olah)

_______________  

Pembuat Release  :  Lalu Abdullah

Disetujui oleh  :  H. Zamroni Aziz (Kasubag Humas).

62
Share :

INFORMASI LAINNYA