KKM MTs.N 5 Loteng Gelar MGMP Soal PAT 2018/2019

Kamis, 02 Mei 2019 18:37

KKM MTs.N 5 Loteng Gelar MGMP Soal PAT 2018/2019

MTsN5Loteng_Inmas, Rangkaian tugas dan tanggung jawab guru mulai dari membuat pesiapan mengajar, melaksanakan KBM, mengevaluasi hasil belajar dan melaksanakan tindak lanjut. Itulah sederetan tugas yang harus diemban oleh semua orang guru tidak terkecuali Bapak /Ibu guru yang ada di KKM MTs. N 5 Lombok Tengah. Berkenaan dengan hal tersebut, pelaksanaan MGMP penyusunan soal-soal Ujian Akhir Tahun semester  genap T.P 2018 / 2019 tingkat KKM MTs.N 5 Loteng dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 2 Mei 2019 setelah upacara bendera peringatan Hardiknas ke-74.

Pelaksanaan MGMP ini berlangsung selama 1 hari yang bertempat di ruang laboratorium IPA MTs. N 5 Loteng. Kegiatan ini diikuti oleh 32 orang guru dari 14 bidang study yang diampu dan dibimbing oleh 5 orang Pengawas pendidikan menengah Kementerian Agama kabupaten Lombok Tengah. Tekhnis pelaksanaan kegiatan ini dipandu oleh Ketua Tim ; H. Tafsir, M.Pd.I dengan membagikan kelompok guru sesuai dengan disiplin ilmu dan pembimbing agar proses penyelesaian soal lebih mudah. Adapun soal-soal yang di susun berdasarkan kisi-kisi soal yang sudah terlebih dahulu di verifikasi di tingkat kabupaten sehingga soal-soal yang dihasilkan mempunyai standar dan bobot yang sama untuk semua KKM yang ada di Lombok Tengah yakni dengan berpatokan pada kisi-kisi yang sama.

Dalam kesempatan yang sama, wakil ketua tim ; H. L . Srigede, M.Pd.I  menambahkan bahwa untuk kurikulum K13 selain berpatokan pada kompetensi dasar ( KD ) sebagai acuan pembuatan soal, yang lebih penting untuk diperhatikan adalah pada saat pengoreksian juga harus di koreksi per-kelompok KD, karena hal ini akan mempermudah peng-inputan nilai siswa yang saat ini sudah memakai Aplikasi Raport Digital ( ARD ).  

Penyusunan soal yang dilanjutkan dengan verifikasi soal oleh pengawas tersebut disambut antusias dan khidmat oleh seluruh peserta, karena dengan adanya kegiatan seperti ini akan menambah wawasan dan pengalaman seorang guru di dalam tugasnya sebagai pendidik sekaligus sebagai penilai hasil belajar peserta didik. Demikian diungkapkan oleh salah seorang peserta; H. Kardiman, S.Pd seraya berharap kegiatan ini terus dilaksanakan secara rutin demi meningkatkan potensi dan profesionalisme guru agar tidak ketinggalan dengan perkembangan dunia pendidikan. Hal senada juga dibenarkan oleh salah seorang penyusun soal PAI ; M. Samsul Islam, S.Ag sebelum penutupan kegiatan. ( Humas. MTsN 5 Loteng )


Pembuat Release        :     Humas MTsN 5 Lombok Tengah

Editor                        :     Hj. Diah Purnawati  ( Pengelola Website )

Disetujui                    :     Suherman,S.Pd      ( Kasubag Humas )  


546
Share :

INFORMASI LAINNYA