MTV dan QURMA Semarakkan Gema Ramadhan Mts. N 5 Loteng

Rabu, 15 Mei 2019 10:15

MTV dan QURMA  Semarakkan Gema Ramadhan Mts. N 5 Loteng

                    Istilah MTV bukan berarti salah satu stasiun TV swasta yang ada di Indonesia, melainkan akronim atau singkatan yang diambil dari kata ; Mengaji bersama (M), Tausiyah (T), dan Voucher (V). Kegiatan ini merupakan kegiatan di bulan Ramadhan di MTs. Negeri 5 Lombok Tengah yang dilakukan sebelum proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM ) di dalam kelas. Mengaji bersama yang kita kenal dengan tadarusan merupakan kegiatan rutin  yang juga dilaksanakan di luar bulan Ramahdan, akan tetapi di bulan Ramadhan ini jumlah maqro’ atau bacaannya ditambah. Setelah mengaji bersama kemudian dilanjutkan dengan Tausiyah Ramadhan  yang disampaikan oleh beberapa orang guru secara bergantian sesuai jadwal yang dilaunching oleh Kepala MTs N 5 Loteng ; Masdiono, S.Ag pada acara IMTAQ bersama hari jumat pertama Ramadhan.

                   Sesuai  jadwal yang telah dirilis oleh Waka Kurikulum ; Khaerul Anam, S.Pd.I, pada setiap hari senin, Tausiayah disampaikan oleh Ustadz Mahzul Muliadi, S.Pd,  hari selasa ( Aridi, S.Pd ), hari rabu ( Abdul Hanan, S,Pd.I, hari kamis ( M. Samsul Islam, S.Ag ), hari Jumat ( Masdiono, S.Ag ) dan hari sabtu ( Jalaludin, S.Pd.I). Di akhir tausiyah setiap hari, diadakan QURMA (Quiz Ramadhan ) yang bertujuan  untuk menguji kembali daya serap   dan konsentrasi  siswa pada materi tausiyah yang telah disampaikan.  Adapun Quiz atau pertanyaan yang disampaikan seputar materi tausiyah yang harus dijawab oleh siswa yang telebih dahulu mengangkat tangannya. Siswa yang menjawab dengan  benar selanjutnya diberikan voucher yang nantinya akan ditukarkan kepada koordinator tausiyah ; Ibu Suciati, S.Ag yang selalu siaga di ruang guru menunggu penukaran voucher dengan bingkisan-bingkisan yang bermanfaat untuk kebutuhan bulan Ramadhan.

                 Dengan adanya MTV dan Qurma ini diharapkan agar siswa lebih bersemangat, antusias, konsentarasi dan kompetitif di dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan di madrasah serta Proses Belajar Mengajar di dalam kelas. “ Kegiatan ini akan berlanjut sampai akhir bulan Ramadhan walaupun ada kegiatan ulangan semester genap karena diadakan sebelum masuk kelas serta tidak mengganggu kegiatan utama di kelas” , demikian disampaikan oleh Kepala Mts Negeri 5 Lombok Tengah

Masdiono, S.Ag di awal tausiyahnya pada jumat pertama bulan Ramadhan. Masdiono juga menghimbau kepada semua dewan guru dan staf terutama wali kelas untuk terus aktif mengawal kegiatan siswa di bulan Ramadhan baik kegiatan di madrasah maupun kegiatan dirumah masing-masing berupa buku kontrol kegiatan siswa yang harus di setor kepada wali kelas sebagai bentuk penilaian projek. Sebagai tindak lanjut kegiatan ini, maka setiap hari pada saat mengaji bersama selalu ditekankan oleh Waka Kesiswaan MTs. N 5 Loteng ; H.M Fajrin, M.Pd baik kepada siswa maupun kepada wali kelas agar proses kegiatan ini lebih terpantau. ( Red. Waka Humas MTs N 5 Loteng )

23
Share :

INFORMASI LAINNYA