MAN Lobar Dalam Kegiatan Muhasabah Romadhon

Sabtu, 25 Mei 2019 09:31

MAN Lobar Dalam Kegiatan Muhasabah Romadhon

Manusia adalah satu-satunya mahluk yang di berikan amanah oleh Allah untuk mengelola dan memakkurkan bumi ini, sebagai seorang khalifah, manusia di tuntut untuk memiliki kemampuan manajerial, kemampuan manajerial ini membutuhkan kapasitas dan kompetensi yang terintegrasi antara Intelekktual question, Emotional question dan Spritual question (IQ,EQ,SQ).

Bulan Romadhon merupakan salah satu bulan yang Allah siapkan untuk manusia khusus umat Islam, bulan yang di dalamnya seluruh amal kebaikan umat Nabi Muhammad akan di lipat gandakan dan akan di berikan ganjaran khusus oleh Allah sebagaimana bunyi Hadits Qudsi “ Seluruh amal kebaikan anak adam untuk dirinya, kecuali puasa, puasa untukku,dan Akulah yang akan memberikan ganjarannya”.

Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan diri, MAN Lobar mengisi hari-hari bulan Romadhon ini dengan kegiatan peningkatan keimanan seperti kegiatan sholat dhuha berjamaah , tadarrus Al-Qur’an dan tauziyah Romadhon yang di isi oleh para guru agama secara bergantian dan penceramah dari luar. Dan hal ini di lakukan secara intensif sebelum pelaksanaan ujian semester. Tujuan lain dari kegiatan ini adalah untuk membekali siswa dan siswi tentang ilmu agama, agar bisa di jadikan sebagai pondasi untuk menata kehidupannya yang syarat dengan tantangan-tantangan kehidupan baik dalam bidang industry, ekonomi dan bahkan komunikasi. Dengan memberikan bekal agama, para siswa mampu memenej kehidupannya dan tidak terpapar dengan arus industri digital saat ini.

Kegiatan Romadhon di MAN Lobar ini akan di tutup dengan buka bersama dengan seluruh warga madrasah serta memberikan beberapa bingkisan kepada guru dan siswa, moment kebersamaan dalam bentuk buka puasa bersama merupakan kegiatan tahunan yang selalu di lakukan dengan tujuan mempererat silaturrahmi dan persaudaraan antara Guru, Tu dan siswa serta menyatukan barisan dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan pendidikan kuhususnya di MAN Lobar

Mudah-mudahan dengan momen Romadhon meningkatkan kesadaran kita akan eksistensi keberadaan kita di di dunia sebagai khlifah dan Abdullah.

Untuk menutup tulisan ini, sebuah puisi tentang muhasabah Romadhon.

Ku titi dari Rojab

Ku taburi dengan sya’ban

Ku teguk nikmatnya suci Romadhon

            Romadhon lalu adalah muhasabah

            Romadhon kini adalah harapan

            Romadhon datang adalah misteri Tuhanku

Imsak nafsuku

Shiyam jiwa ragaku

Iftor surgaku

Tarawih relaksasi ibadahku

            Tadarrusul Qur’an hakekat tadabburku

            Tahajjud harapan masa depanku

            Sahur energi Mutakhirku

Bertambah angka usiaku

Berkurang jatah hidupki

Apakah Romadhon kini menjadi akhir puasaku

            Islam pilar puasaku dan iman kuku jemarinya

            Ihsan tanpa melihatmu, Engkau hadir dalam dahagaku

            Di tengah hiruk pikuk puasa jasmani tetapi tanpa rohani

            Di tengah jabat tangan yang erat tetapi tanpa silaturrahmi

            Di tengah pentingnya rasa puasa dari pada puasa menahan rasa.

 ____________________  

Penulis : Waka Humas - Maesarah, S.Ag,M.Pd,I

Admin : Wawan Kurniawan, Amd

Editor : Lalu Abdullah

76
Share :

INFORMASI LAINNYA