Mengakhiri Bulan Ramadhan Ala MTs N 5 Loteng

Jumat, 07 Juni 2019 19:16

Mengakhiri Bulan Ramadhan Ala MTs N 5 Loteng

Praya Humas._Tepat di hari terakhir masuk madrasah menjelang libur Idul Fitri, sebanyak lebih dari seratus orang warga sekitar MTs. N 5 Loteng yang tergolong fakir miskin memperoleh santunan berupa zakat fitrah yang disalurkan dari hasil pengumpulan  zakar fitrah oleh OSIM MTs. N 5 Loteng dari siswa-siswi kelas  VII, VIII dan IX .  

Sebagian besar dari penerima zakat fitrah adalah ; lansia, janda-janda tua dan warga sekitar madrasah yang tergolong kurang mampu serta sisanya adalah siswa-siswa madrasah yang tercatat sebagai anak yatim / piatu. Adapun tekhnik pembagiannya diatur dengan memberikan kupon terlebih dahulu yakni beberapa hari sebelumnya kemudian menukarkan kupon tersebut kepada amil zakat dengan beras zakat yang sudah dipaketkan masing-masing mendapatkan lebih dari 5 kg/orang.

Pada kesempatan pertama, penyerahan zakat fitrah secara langsung diserahkan oleh Kepala Tata Usaha Mts. N 5 Loteng ; Tahiruddin, S.Pd.I yang mewakili kepala madrasah karena ada kegiatan di luar madrasah. Dalam kesempatan itu, Tahiruddin berpesan kepada para penerima zakat fitrah untuk memanfaatkan rizki tersebut dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan keluarga. Penyerahan berikutnya dilakukan oleh Waka Kesiswaan ( H.M.Fajrin, M.Pd ), Waka Humas ( Aridi, S.Pd ), Pembina Osim ( Yusro Mursyid, S,Pd.I ) yang dilanjutkan dengan pengurus OSIM secara bergantian. Pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah kepada yang berhak setiap tahun pada bulan Ramadhan rutin dilaksanakan dengan tujuan agar secara prakteknya siswa melaksanakan kewajibannya sesuai dengan teori pada pelajaran ilmu Fiqih.

Selain itu juga siswa diharapkan memiliki kepekaan sosial terhadap sesama manusia dengan cara berbagi kepada mereka yang membutuhkan sehingga  mereka memahami sekaligus dapat mempraktekkan pelajaran di madrasah selain teori. Dengan cara ini pula dapat mendidik siswa terutama yang tergabung kedalam kepengurusan OSIM untuk menjadi yang terdepan di masyarakat dalam setiap kegiatan keagamaan. ( Red. Humas MTs. N 5 Loteng ).

 

29
Share :

INFORMASI LAINNYA