Irjen SIDAK Kemenag Kota Bima

Selasa, 11 Juni 2019 16:17

Irjen SIDAK Kemenag Kota Bima

Kota Bima, Inmas_Tim Audit Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI melakukan Pemantauan Inspeksi Mendadak (SIDAK) Kehadiran dan Disiplin PNS di lingkungan Kementerian Agama Kota Bima usai libur panjang dan usai libur Idul Fitri 1440 H/2019 M. SIDAK dilaksanakan selama 4 hari, yakni mulai tanggal 9 – 12 Juni 2019.

Ada 5 orang dari Tim Audit Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Agama RI yang ditugaskan untuk melakukan SIDAK di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi NTB. Kantor Wilayah Kemenag Prov. NTB dipantau langsung oleh 4 orang Irjen yang diketuai oleh Mahmudah. Sementara untuk Satker sampling yang dipilih yaitu Kantor Kemenag Kota Bima dipantau langsung oleh 1 orang, yakni Amar Munawwar, S.Hi. Pemantauan juga dilakukan oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Bima, Drs. H.A. Munir ditemani Kasubag TU Kantor Kemenag Kota Bima, H. Muhammad Safi’i, S.Pd.

Saat dimintai keterangan terkait SIDAK di Kemenag Kota Bima, Amar Munawwar, S.Hi yang merupakan Auditor Irjen Kemenag RI ini menyatakan, data sementara yang berhasil diolah hingga tanggal 11 Juni 2019 diprediksi hampir 90 persen.          

Data sementara masih kami olah. Survei awal di lapangan diprediksi hampir 90 persen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa PNS sudah tertib. Adapun 10 persen PNS yang tidak masuk dikarenakan sakit dan ada yang  sedang mengikuti Diklat PIM 4 untuk Pejabat Eselon 4”, ungkapnya.  

Inspeksi adalah pemeriksaan secara langsung dengan seksama tentang pelaksanaan peraturan dan tugas. Hal ini merupakan rutinitas setiap tahun, setiap selesai libur panjang dan awal masuk di hari lebaran. “Kita di APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah) selalu mengirimkan tim untuk sampling SIDAK Tertib Kehadiran Pegawai di seluruh Satuan Kerja (Satker) Kementerian Agama. SIDAK ini diberlakukan di seluruh Indonesia dengan mengambil sampling di beberapa titik”, lanjut Auditor Irjen Kemenag RI

Pemantauan yang dilakukan Tim Irjen adalah H-1 sebelum memasuki libur Idul Fitri 1440 H, Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019, dan Hari Pertama dan Hari Kedua masuk kerja usai libur Idul Fitri 1440 H.   

Amar Munawwar menjelaskan tujuan adanya Pemantauan Sidak Kehadiran ASN Kementerian Agama sebagai berikut: Pertama, memastikan bahwa seluruh pegawai Kemenag sudah mentaati disiplin PNS sesuai dengan PP Nomor 53 Tahun 2010. Kedua, melakukan monitoring menggantikan peran Inspektorat Jenderal sebagai pengawas internal di Kemenag.

Mengakhiri keterangannya, Auditor Irjen mengharapkan dengan adanya monitoring rutin, kinerja dan kedisplinan PNS di lingkungan Kemenag semakin meningkat.   

Harapannya semoga dengan monitoring rutin setiap selesai liburan dan selesai Idul Fitri ini, kinerja dan kedisiplinan PNS di lingkungan Kemenag semakin meningkat sehingga masyarakat merasakan pelayanan yang lebih baik”, pungkasnya.  (Nurrosyidah Yusuf)

 

81
Share :

INFORMASI LAINNYA