Pemerintah Kabupaten Sumbawa Gelar Acara Halal Bi Halal

Jumat, 14 Juni 2019 09:55

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Gelar Acara Halal Bi Halal

Sumbawa Besar_Inmas, Pemerintah Daerah kabupaten Sumbawa menggelar Halal Bi Halal yang dipusatkan di Lapangan Pahlawan Sumbawa Besar, Rabu malam , 12 Juni 2019. Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Sumbawa Drs.H.Mahmud Abdullah, Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Sumbawa H. Ahmad Taufik, S.Ag, MM, Pimpinan FKPD kabupaten Sumbawa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pimpinan dan anggota Majelis Taklim,  Pimpinan Ormas Keagamaan baik dari unsur muslim maupun non muslim juga turut hadir.


Dalam sambutan Bupati Sumbawa  H.Muhammad Husni Jibril, BSc  mengajak kepada segenap komponen masyarakat kabupaten Sumbawa untuk menjaga persatuan dan kesatuan, membangun kebersamaan sesuai dengan tema yang di usung pada acara Halal Bi Halal kali ini “ Melalui Halal Bi Halal Kita Perkokoh Persatuan, Mempererat Ukhuwah Imaniyah menuju Sumbawa Hebat Bermartabat “ . Persatuan dan Kebersamaan itu sangat mahal maka beruntunglah orang orang yang senantiasa menjaga dan memelihara kebersamaan termasuk kita semua masyarakat kabupaten Sumbawa. Alhamdulillah hingga saat ini kabupaten Sumbawa masih dalam keadaan aman dan kondusif. Oleh karena itu  “ Mari kita jaga kabupaten Sumbawa dengan meningkatkan berbagai peran yang ada baik peran Pemerintah , Ormas Keagamaan, Penyuluh Agama, Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat dan lain sebagainya, Jangan sampai membuat situasi yang menjadikan kita semua menjadi terpecah belah”, demikian harap Bupati. Di akhir acara Bupati bersalam salaman dengan segenap undangan seraya mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Bathin atas segala salah dan khilaf.


Sementara yang mendapat kepercayaan sebagai penceramah pada acara Halal Bi Halal tersebut Ustad H.Faisal Salim, S.Ag yang menjelaskan indahnya kebersamaan itu akan dicapai oleh siapapun bila di awali dari lingkup keluarga, dalam Islam di sebut Ailah asal dari kata Aul artinya sesuatu yang mendorong, meninggi dan saling menopang. Kesan dari makna Ailah ini adalah jika sudah bersama jangan bercerai berai ,nafsi nafsi dan egois, karena indahnya kebersamaan itu akan muncul bila saling menopang antara yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu ada 2 hal yang menjadi syarat utama membangun kebersamaan, 1.Lita’arafu artinya mengenal kelebihan dan kekurangan,  bukan berarti untuk dibanggakan dan kekurangan bukan berarti untuk dibicarakan atau mengumbar aib. Begitu pula dalam konsep kehidupan yang lebih luas misalnya yang berhubungan dengan ideologi, politik, sosial budaya, pertahanan dan keamanan harus dapat diwujudkan dengan kebersamaan. 2. Innaakramakum Indallahiatkakum artinya orang yang paling  mulia diantara kamu adalah orang yang bertakwa, oleh karena itu tidak ada keindahan dalam kebersamaan kecuali disatukan karena Allah SWT. Dan segala bentuk komunikasi, relasi, janji dan lain sebagainya jangan sampai membuang nilai Agama, “ Ingat Parenti Tau Samawa , Takit Ko Nene’ Kangila Boat Lenge “ artinya takut kepada Allah SWT dan malu melakukan perbuatan tercela. Demikian penjelasan H.Faisal ( Alim ).

               

 

Pembuat Release        :     A l i m

Editor                        :     Hj. Diah Purnawati 

Disetujui                    :     Suherman,S.Pd      ( Kasubag Humas ) 

 

 

233
Share :

INFORMASI LAINNYA