ARD Aplikasi Penilaian Hasil Belajar

Jumat, 14 Juni 2019 10:48

ARD Aplikasi Penilaian Hasil Belajar

Inmas_MAN 1 Sumbaw, Kegiatan Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa siang hari ini membahas  Aplikasi Raport  Digital yang mana aplikasi Raport Digital ini untuk dilaksanakan dalam pengisian rapat pada sosialisasi yang disampaikan oleh Zulhidayat,S.Pd Wakil Kepala Bidang Kurikulum. Sesuai Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 1594/DJ.I/DT.II.I/KS.00/10/2018 tentang Penggunaan Aplikasi Rapor Digital Madrasah. Surat tertanggal 29 Oktober 2018 ini menyebutkan bahwa ARD Madrasah akan diberlakukan bagi madrasah negeri dan swasta di seluruh Indonesia, mulai semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 ini.



Melihat amat pentingnya tugas itu, maka tugas Kementerian Agama khususnya Direktorat Jenderal Pendidikan Islam antara lain adalah mengayomi madrasah yang berkualitas, melebarkan akses Pendidikan Agama dan Keagamaan yang bermutu,pada masa kekinian, kita menghadapi zaman internet yang semakin global. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, sangat terbuka dalam menghadapi generasi digital.


Tuntutan publik terhadap mutu pendidikan semakin tinggi, terbuka, dan spontan. Untuk merespons tuntutan tersebut Kementerian Agama melalui Ditjen. Pendidikan Islam meluncurkan Aplikasi Rapor Digital, yang diperuntukan bagi Madrasah diseluruh Indonesia. 


Dengan Aplikasi Rapor Digital (ARD), Madrasah harus semakin maju dan terbuka terhadap dunia internet dan digital. Kecepatan penyebaran informasi terutama bagi siswa madrasah, untuk mencapai target kinerja sekaligus memenuhi harapan publik. Dalam bahasa agama, langkah ini dikenal dengan istilah “ Taqdimul Aham Min Almuhim, dahulukan yang terpenting daripada yang penting “. 


Aplikasi online Kementerian Agama untuk madrasah diluncurkan dengan nama Aplikasi Rapor Digital Madrasah atau disingkat ARD Madrasah. Aplikasi tersebut terkait dengan penilaian hasil belajar, dan aplikasi  ini diberlakukan bagi jenjang madrasah mulai dari Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah.__(joko)

 

 


Pembuat Release        :     J o k o

Editor                        :     Hj. Diah Purnawati 

Disetujui                    :     Suherman,S.Pd      ( Kasubag Humas ) 



902
Share :

INFORMASI LAINNYA