H. Eka Iskandar – Bimbingan Pra Nikah Bagi 21 Pasang Calon Pengantin

Senin, 08 Juli 2019 17:40

H. Eka Iskandar – Bimbingan Pra Nikah Bagi 21 Pasang Calon Pengantin

Bima INMAS,_Keprihatinan Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kota Bima atas tingginya tingkat perceraian yang terjadi di Kota Bima. 21 pasang calon pengantin yang akan melaksanakan pernikahannya pekan depan mengikuti bimbingan perkawinan pra nikah di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Bima.

 

Empat puluh dua orang dari 21 pasangan calon pengantin mendapatkan bimbingan perkawinan pra nikah yang diplopori Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kota Bima, dimana kegiatan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah ini direncanakan akan berlangsung selama 10 (sepuluh) Angkatan, untuk angkatan Pertama ini dibuka langsung oleh Kepala Kemenag Kota Bima H. A Munir.

 

Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Bima H. Eka Iskandar mengungkapkan,  bimbingan perkawinan pra nikah bagi calon pengantin ini merupakan ikhtiar pemerintah melihat tingginya tingkat perceraian yang terjadi khususnya di Kota Bima, dengan bimbingan ini diharapkan calon pengantin bisa membangun keluarga agar mempunyai pondasi yang kokoh, "Diharapkan masyarakat semakin memahami tentang pentingnya lembaga pernikahan. Sehingga yang akan menikah sudah betul-betul berada diusia yang matang dan dewasa," ungkapnya.


Lebih lanjut H. Eka Iskandar menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberi bekal pengetahuan dan pemahaman kepada calon pengantin sebagai upaya mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah warahmah, sehingga nantinya dapat mengurangi angka perselisihan, perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga, jelasnya.


Eka mengungkapkan, kegiatan bimbingan perkawinan pra nikah ini akan dilaksanakan sebanyak 10 angkatan. Hari ini, Sabtu (06/07) merupakan bimbingan angkatan pertama, "Dalam bimbingan ini, calon pengantin diberi sertifikat yang nantinya akan ditunjukkan sebelum ijab kabul," tuturnya.

Didalam kegiatan ini para peserta juga dibimbing dan diajarkan tentang pengucapan dari lafaz ijab qabul dan para peserta diberikan sertifikat sebagai tanda bahwa calon pengantin yang akan melaksanakan pernikahannya sudah mengikuti bimbingan pra nikah. (eka-miq olah)

_______________  

Pewarta  :  Lalu Abdullah

Disetujui oleh  :  Suherman (Kasubag Humas).

21
Share :

INFORMASI LAINNYA