Antusias Guru, Pegawai Dan Siswa MTsN 1 Sumbawa Bisa Menyembelih 3 Ekor Sapi dan 1 Ekor Kambing

Selasa, 13 Agustus 2019 12:27

Antusias Guru, Pegawai Dan Siswa MTsN 1 Sumbawa Bisa Menyembelih 3 Ekor Sapi dan 1 Ekor Kambing

Inmas_MTsN 1 Sumbawa. Hampir setiap tahunnya Guru dan Siswa MTsN 1 Sumbawa menyelenggarakan Ibadah Qurban dalam mengikuti sunnah yang di warisi Nabi Ibrahim. AS dan Putranya Ismail. AS. Peristiwa  itu terjadi sekian ratus abad yang lalu, yang diabadikan kisahnya dalam Al-Qur’an Surah As Shaffat Ayat 99-111. Dalam penggalan kisah tersebut Nabi Ibrahim. AS dan Ismail. AS di uji keimanannya oleh Allah SWT untuk menyembelih putra semata wayang yang sangat dicintai dan membuktikan Ismail dalam ketaatannya kepada Allah SWTdengan  nyawa sebagai taruhannya.


Dari kisah itu, Guru dan Siswa MTsN 1 Sumbawa ingin mengikuti jejak Nabi Ibrahim dan Ismail, AS lewat penyembelihan 3 ekor sapi dan 1 ekor kambing satu hari setelah pelaksanaan Ibadah Hari Raya Idul Adha yakni Senin, (12/08/19).  Semangat dan antusias untuk berqurban sudah terlihat sejak 10 bulan sebelumnya, dengan ikhtiar mengeluarkan uang sejumlah Rp. 150. 000,- (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) dengan cara dipotong setiap bulannya oleh bendahara madrasah sehingga terkumpul dalam satu kelompok 7 orang wajib berqurban sejumlah Rp. 10.500,000 (Sepuluh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah). Pada tahun 2019 ini, MTsN 1 Sumbawa menyembelih hewan qurban yang dibagi menjadi tiga kelompok dan satu kelompoknya satu ekor kambing yang berasal dari kumpulan siswa-siswi.


Setelah penyembelihan 3 ekor sapi dan 1 ekor kambing, panitia yang sudah dibentuk mulai membagi tugas sesuai jumlah hewan yang dipotong, mulai dari pemotongan dan penimbangan dan pendistribusian kepada siswa dan masyarakat yang ada di sekitar madrasah. Pembagian daging qurban harus selalu merujuk kepada hukum syara’ yakni satu pertiga untuk yang berkurban, satu per tiga untuk hadiah dan satu per tiganya untuk fakir miskin. Untuk hadiah diberikan kepada teman-teman guru, yang membantu dalam proses penyembelihan yang tidak termasuk ke dalam 3 kelompok dan yang lainnya. Untuk sepertiga lainnya dibagikan kepada yang sangat berhak yakni siswa yang kurang mampu dan masyarakat yang ada di sekitar madrasah.


Kamad MTsN 1 Sumbawa dalam kegiatan apel pagi menyampaikan rasa terima kasihnya di hadapan seluruh peserta apel atas terselenggaranya qurban di madrasah dengan lancar tanpa kendala berarti.

 

 “ Terima kasih kami ucapkan kepada kita semua atas semangat dan antusias dalam pelaksanaan qurban tahun ini, tanpa kebersamaan hal yang kecil mustahil akan bisa terlaksana apalagi yang sifatnya jauh lebih besar, mengumpulkan uang dan mencari hewan yang akan di qurbankan dan melaksanakan hajat berqurban bukan perkara yang biasa-biasa saja, namun  karena ada jalinan komunikasi dan kerjasama yang baik sehingga semua itu bisa terlaksana dengan baik. Mari kita terus lestarikan kerjasama ini dengan berkesinambungan, jangan ada sedikit masalah kebaikan itu akan sirna begitu saja. Dan tahun depan juga kita berharap hewan yang kita qurbankan lebih banyak dari tahun ini dan bisa lebih banyak kita bersedekah kepada sesama. Dan kita juga bersyukur kepada Allah SWT yang telah meringankan langkah kita dan memberikan kepada kita keinginan yang besar untuk menabung”. ungkap Kamad Adiat.



Pembuat Rilis                               :      Humas MTsN 1 Sumbawa

E d i t o r                                   :      Dra. Hj. Diah Purnawati

Disetujui Kasubag Humas            :       Suherman, S.Pd

 

 


147
Share :

INFORMASI LAINNYA