Dahsyatnya Media Musikalisasi Dalam Membentuk Keharmonisan Pribadi

Jumat, 16 Agustus 2019 13:04

Dalam kehidupan seorang sufi,  penggunaan media musik merupakan salah satu cara yang  untuk  penyucian jiwa, terutama musik spiritual, sebagaimana diungkap oleh salah satu sufi Dzunnun Al-Misri : “Music adalah pengaruh surge  yang mendorong hati untuk mencari Tuhan, Karenanya barang siapa yang mendengarkan dengan baik secara rohaniah maka ia tengah mendekati Tuhan. Tetapi barang siapa mendengarkan hanya dengan sensasi, maka ia termasuk orang yang tidak beriman”. Bahkan pada ilmuan Islam seperti Al-Kindi memberikan apresiasi yang tinggi terhadap musik, karena menurutnya disamping musik menjadi hiburan ,music  juga bisa menjadi obat untuk penyakit jiwa dan raga.

Dari berbagai pandangan tentang musik tersebut, Al-Qur’an memberikan petunjuk cara berkesenian dan bermusik yang baik, antara lain : 1). Islam adalah agama fitrah, kesenian bagi manusia adalah termasuk fitrahnya, kesanggupan berseni manusia yang membedakannya dengan mahluk Tuhan yang lain. 2) Allah memiliki sifat yang indah dan baik, untuk itu manusia sebagai khalifah mengemban misi sebagai wakil Tuhan untuk merealisasikan sifat-sifat Tuhan yang indah. Untuk itu menggunakan musik atau berkesenian adalah suatu yang mubah kalau digunakan sebagai sarana untuk mencapai kebaikan dan sarana untuk ibadah jika dilakukan dalam kerangka etika.

Dalam kegiatan belajar mengajar  penggunaan music  menjadi salah satu faktor atau aspek kecerdasan  karena di dalam musik terdapat korelasi antara aspek bahasa,rasa, dan intuisi.  Untuk mengembangkan aspek tersebut penggunaan media musik dalam pembelajaran dapat memotivasi daya imbang seseorang dan dapat memunculkan konsentrasi seseorang dalam menerima sebuah pesan atau pelajaran. Dan tidak semua anak didik mampu berkonsentrasi dalam waktu yang relatif lama. Daya serap anak didik terhadap bahan yang diberikan juga bermacam-macam, ada yang cepat, ada yang sedang, dan ada yang lambat. Salah satu yang mempengaruhi daya serap siswa itu adalah rendahnya tingkat motivasi belajar peserta didik disamping itu faktor intelegensi juga mempengaruhi daya serap peserta didik terhadap bahan pelajaran yang diberikan oleh guru.

            Rendahnya motivasi belajar peserta didik sangat mempengaruhi dari hasil pembelajaran, oleh karena itu, seorang guru membutuhkan sebuah inovasi dalam proses pembelajaran. Musik adalah salah satu strategi yang menyenangkan, dengan musik peserta didik akan merasa lebih rileks, karena asumsi dari teori dasar bahwa setiap manusia memiliki kecendrungan sense of music. Musik merupakan salah satu metode yang efektif dalam menyampaikan sebuah pesan, karena pesan yang disampaikan dengan iringan musik dan nada hasilnya berbeda dengan tanpa iringan musik dan nada.

Musik memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, musik merupakan system nilai yang dijadikan alat oleh manusia untuk mendampingi suatu proses dalam kehidupannya. Mengingat kegunaan musik memiliki dampak positif bagi kehidupan manusia, maka tidak heran musik dimanfaatkan untuk kepentingan agama, kesehatan, hiburan bahkan sebagai media dalam pendidikan. Musik mempunyai manfaat yang sangat baik dalam proses perkembangan diantaranya memiliki dimensi kreatif dan memiliki bagian yang identik dengan proses belajar secara umum, selain itu juga dapat meningkatkan dan membantu perkembangan pribadi dan sosial seperti penalaran, intelegensi, kreativitas, membaca, dan interaksi sosial .

Musik memiliki kekuatan mempengaruhi perkembangan fisik dan kejiwaan seseorang, musik membantu mencerdaskan orang melalui suatu proses aktivasi otak secara harmonis antara otak kanan dan kiri, karena otak kanan meliputi aspek ritme, imajinasi dan dimensi, sedangkan otak kiri meliputi aspek angka, logika dan analisis. Jika kedua otak ini terbiasa di aktifkan maka akan terjadi keseimbangan fisik dan kejiwaan sehingga tercipta keharmonisan pribadi.

Jadi musik merupakan alah satu media untuk membangkitkan motivasi dan konsentrasi peserta didik dalam pembelajaran karena memiliki kekuatan ritme, melodi dan harmoni yang bisa membangkitkan alam bawah sadar sehingga dapat menggerakkan apa saja termasuk jiwa seseorang secara alami bila digunakan secara intensif dalam proses pendidikan dan pembelajaran .

Penulis berharap semoga dengan penawaran media musikalisasi dalam pembelajaran ini dapat meningkatkan khazanah pengetahuan kita sebagai praktisi pendidikan dan menyajikan sebuah pembelajaran yang menyenangkan kepada anak didik kita sehingga bissa mencetak generasi –generasi yang berguna dan berbudayaguna bagi agama , bangsa, dan Negara. Amin.

        

P e n u l i s                              :      Maesarah, M.PdI

 

E d i t o r                                :      Dra. Hj. Diah Purnawati

Disetujui Kasubag Humas         :      Suherman, S.Pd

214
Share :

INFORMASI LAINNYA