Bimbingan Pra Nikah Generasi Muda Hindu Dalam Mengurangi Perceraian Usia Dini

Selasa, 03 September 2019 23:52

Bimbingan Pra Nikah Generasi Muda Hindu Dalam Mengurangi Perceraian Usia Dini

Mataram INMAS,_Keluarga yang dibentuk hanya berlangsung sekali dalam hidup manusia, keluarga atau rumah tangga bukanlah semata-mata tempat berkumpulnya laki dan wanita sebagai pasangan suami istri dalam satu rumah, makan minum bersama, namun untuk mengupayakan terbinanya keperibadian dan ketenangan lahir bathin, hidup rukun dan damai, tentram dan bahagia dalam upaya menurunkan tunas muda yang suputra.

 

Disampaikan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Nasruddin dalam sambutan dan arahannya pada saat membuka kegiatan Bimbingan Pra Nikah dalam mewujudkan Keluarga Sakinah secara resmi bagi generasi muda / pemuda Hindu se Pulau Lombok yang akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 3 sampai dengan 5 September 2019 di Hotel Lombok Garden Mataram.

 

“Beranjak dari Veda Smrthi Bab IX Sloka 45 menegaskan bahwa ia yang merupakan orang sempurna yang terdiri atas 3 orang menjadi satu, istrinya, ia sendiri dan keturunannya, begitu pula dikatakan tidak ada bedanya sama sekali antara Dewi Sri (Dewi Kemakmuran) dengan istri dirumah yang di kawinkan dengan tujuan untuk mempunyai keturunan”, papar H. Nasruddin melanjutkan sambutan dan arahannya.

 

Begitu pentingnya kegiatan ini, lanjut H. Nasruddin, maka diharapkan kepada 40 (empat puluh) peserta dari unsur generasi muda/pemuda Hindu dari penjuru se Pulau Lombok ini untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh agar apa yang disampaikan para Nara Sumber nanti dapat dijadikan pedoman dan acuan dalam membangun sebuah keluarga kelak, tegas dan harap H. Nasruddin.

 

Sebelumnya, dalam laporan Ketua Panitia Penyelenggara yang disampaikan oleh Dewa Mertayasa bahwa kegiatan ini dilaksanakan dilatar belakangi oleh ditemukannya melalui media banyaknya terjadi perceraian di usia dini perkawinan yang masih muda karena kurangnya pengetahuan dan persiapan yang baik, baik mental dan fisiknya, maka keggiatan bimbingan pra nikah ini dilaksanakan agar para generasi muda memiliki pengetahuan dalam mengarungi kehidupan perkawinan.

 

Kegiatan ini bertujuan selain untuk mendapatkan bekal yang harus dilakukan setelah mereka berumah tangga, juga dimaksudkan agar mengetahui dan memahami apa yang menjadi kewajiban dalam berumah tangga, apa yang menjadikan kewajiban suami, istri, serta apa yang akan mereka lakukan dalam mempertahankan keutuhan rumah tangga itu sendiri.

 

Kegiatan Bimbingan Pra Nikah ini akan diisi oleh Nara Sumber dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB, STAHN Gde Pudja Mataram, Dinas Kesehatan dan Nara Sumber dari WHDI Provinsi NTB dengan menggunakan metode pemaparan materi serta diskusi antara Nara Sumber dan Peserta kegiatan. (miq olah)

________________  

Pewarta  :  Lalu Abdullah

Disetujui oleh  :  Suherman (Kasubag Humas).

1536

INFORMASI LAINNYA