H. Nasruddin – Ada Tujuh Fungsi Dalam Keluarga Yang Harus Dipahami

Kamis, 19 September 2019 20:51

H. Nasruddin – Ada Tujuh Fungsi Dalam Keluarga Yang Harus Dipahami

Mataram INMAS,_Berbicara tentang keluarga, kita juga akan berbicara tentag fungsi dan peranan keluarga itu sendiri. Banyak ahli yang berbicara tentang fungsi dan peranan keluarga itu sendiri, namun pada kesempatan ini saya akan mencoba untuk membuka kembali pikiran dan pengetahuan kita tentang fungsi keluarga.

 

Hal tersebut diatas diungkapkan oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Nasruddin pada saat memberikan sambutan dan arahan, sekaligus membuka secara resmi dilaksanakannya kegiatan Pembinaan Keluarga Katolik Bahagia Sejahtera siang ini (Kamis, 19-9-2019) di Same Hotel.

 

“Ada tujuh fungsi yang harus kita pahami dalam keluarga, selain fungsi Agama, juga ada yang dinamakan fungsi sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, sosial dan pendidikan, ekonomi dan yang terahir adalah fungsi lingkungan”, papar H. Nasruddin dalam sambutan dan arahannya di depan 100 orang peserta kegiatan ini.

 

Dalam acara pembukaan kegiatan ini selain diikuti 100 orang peserta termasuk yang pasutri maupun yang sendiri tanpa pasangan mulai dari Bima sampai Ampenan (Se Provinsi NTB, Red.) juga dihadiri Kepala Bagian Tata Usaha H. Sirojudin, Pembimas Kristen dan undangan lainnya, dimana kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 19 sampai dengan 20 September 2019.

 

Yang dimaksud Fungsi Agama menurut H. Nasruddin adalah Agama harus menjadi pedoman dan penuntun dalam membangun keluarga untuk menciptakan keharmonisan, sedangkan fungsi Sosial Budaya adalah hal yang harus ditanamkan dalam keluarga kepada semua anggota keluarganya tentang sesuatu yang baik dalam pola tingkah laku serta nilai norma yang berlaku, lebih-lebih dalam fungsi cinta dan kasih sayang yang merupakan pondasi dalam membangun keluarga itu sendiri.

 

Demikian pula dalam fungsi perlindungan, lanjut H. Nasruddin, hal ini harus diciptakan agar terasa aman dalam keluarga itu, lebih-lebih fungsi sosial dan pendidikan, kalau hal ini jangan sampai disepelekan karena sebagai makhluk tentu wajib untuk bersosialisasi terutama sesama tetangga, ekonomi juga termasung harus memahami yang namanya fungsi lingkungan, papar H. Nasruddin dengan lugas dan jelas.

 

Menurut H. Nasruddin, bahwa kegiatan ini sangatlah penting, maka diharapkan untuk lebih sering melaksanakan kegiatan seperti ini, karena H. Nasruddin mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi bapak dan ibu dalam membangun keluarga bahagia sejahtera tersebut.

 

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara Egenius Siba dalam laporannya menyampaikan tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah selain untuk merefresh penghayatan kehidupan keluarga, juga dimaksudkan untuk menambah wawasan serta pengetahuan bagi peserta.

 

Yang terpenting menurut Egenius Siba adalah membangun persekutuan cinta diantara pribadi dalam keluarga, memberikan pendidikan iman yang baik, mempersiapkan, memelihara dan melindungi berbagai panggilan yang ditumbuhkan Allah, pungkasnya. (miq olah)

__________________  

Pewarta  :  Lalu Abdullah

Disetujui oleh  :  Suherman (Kasubag Humas).

182
Share :

INFORMASI LAINNYA