Ali Fikri : "Urusan Haji Akan Serba OnIine"

Minggu, 29 September 2019 23:27

Ali Fikri :

Mataram_Inmas, Tahun 2020 mendatang, pengurusan haji  serba online. Hal ini sangat beralasan dikarenakan yang online tentu banyak keunggulan, seperti: cepat, akurat, dan akuntabel. Demikian yang disampaikan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB, H. M. Ali Fikri, S.Ag, MM saat memberikan materi pada kegiatan Pengelolaan Keuangan Operasional Haji (PKOH) Akhir Masa Operasional Haji Tahun 1440 H/2019 M.

Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari, yakni: Sabtu (28/09) – Senin (30/09/2019) di Hotel Lombok Plaza Jl Pejanggik No.8 Cakranegara kota Mataram NTB. Kegiatan menghadirkan 6 orang pemateri, baik dari pusat, yakni: Kasubdit PKOH Ditjen PHU Kemenag RI dan Ditjen PHU Kemenag RI maupun dari Kanwil provinsi NTB.

H. Ali Fikri, S.Ag, MM menyampaikan materi tentang “Kebijakan Pengelolaan dan Pertanggung Jawaban Anggaran Operasional Haji Tahun 1440 H/2019 M”, dihadapan 30 orang peserta yang berasal dari Kantor Kemenag kabupaten/kota se NTB dengan sasarannya yaitu: bendahara dan operator SISKOHAT (Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu) yang terlibat dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 1440 H/2019 M.  

Anggaran haji tahun 2019 harus segera kita laporkan dan anggaran haji tahun 2020 kita rencanakan. Perbedaan cara pelaporan tahun ini dengan tahun lalu adalah kalau dulu secara manual, sekarang harus online. Yang online tentu banyak keunggulan, seperti: cepat, akurat, akuntabel.”, jelas H.Ali Fikri.  

Untuk rekruitmen petugas haji, tambahnya, kedepan akan menggunakan sistem online. Penyelenggara langsung oleh pusat, tidak lagi lewat tingkat kabupaten/kota dan provinsi.

Evaluasi penyelenggaraan ibadah haji tahun ini antara lain bahwa jema’ah haji masih banyak yang tidak mau turut perintah, banyak yang belum paham manasik haji. Harap selektif memilih narasumber manasik”, H. Ali Fikri mengungkapkan karena musim haji 1440 H/2019 M tempo hari ditunjuk sebagai Kepala Sektor khusus Embarkasi LOP di Makkah.

Rencana kedepan, Kemenag RI akan mengadakan pejabat baru, yaitu Kepala Seksi Ibadah Umrah, sehingga masalah ibadah umrah akan lebih konsentrasi.

Semoga kita tetap istiqomah dalam mengurus haji. Mari kita ikhlaskan diri kita untuk mengurus haji. Inshaa Allah, akan diganti oleh Allah SWT walaupun tidak dengan materi, tapi dengan jalan lain”, tutupnya mengakhiri.   (Nurrosyidah Yusuf) 


Pembuat  Rilis                          :        Nurrosyidah Yusuf

E d i t o r                                 :        Dra. Hj. Diah Purnawati

99
Share :

INFORMASI LAINNYA